TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Berita  

Konsisten Lakukan Inovasi, bank bjb Jadi Jawara di Ajang KIJB 2023 Kategori BUMN/BUMD di Jawa Barat

BANDUNG – Berbagai inovasi yang dilakukan bank bjb untuk terus mengakselerasi bisnis, seperti memperkuat layanan digital untuk semakin memanjakan nasabah, kembali berbuah manis. Kali ini, bank bjb menerima penghargaan di ajang Kompetisi Inovasi Jawa Barat (KIJB) tahun 2023 sebagai juara 1 dalam kategori BUMN/BUMD di Jawa Barat dengan inovasi yang mengedepankan teknologi / digitalisasi berjudul Pemberdayaan Perempuan Melalui Platform bjb BiSA! Dalam Rangka Mendukung Peningkatan Perekonomian dan Inklusi Keuangan di Jawa Barat Kelompok BUMN/BUMD.

Penghargaan kepada bank bjb diterima secara langsung oleh Direktur Information Technology, Treasury & International Banking bank bjb Rio Lanasier, di The Papandayan Hotel Bandung, Selasa (3/10).
“bank bjb terus melakukan berbagai inovasi yang mengedepankan teknologi / digitalisasi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan nasabah. Kemampuan bank bjb untuk terus bertumbuh, salah satunya berkat inovasi yang berkelanjutan dan tanpa henti. Ini merupakan visi perusahaan sejak berdiri sampai sekarang yang terus diimplementasikan,” ucap Rio Lanasier.
Menurut Rio, inovasi merupakan kata kunci agar perusahaan dapat terus tumbuh di tengah berbagai tantangan ekonomi. Pimpinan organisasi atau perusahaan, dapat saja berganti, namun mereka yang terlibat di dalam organisasi tersebut harus terus berinovasi agar terus juara, memenangkan persaingan bisnis. Karena itu, budaya inovasi, juga terus diperkuat di internal bank bjb.
Disampaikan Rio, bank bjb senantiasa melakukan terobosan, yang bersifat unik dan berbeda dibandingkan perusahaan sejenis untuk memberikan nilai lebih bagi nasabahnya. Hal itu juga dimaksudkan agar perusahaan terus bertumbuh positif dan memberi manfaat kepada stakeholder maupun shareholder.
bank bjb juga konsisten memberikan value-added yang relevan dengan kebutuhan konsumen atau stakeholders-nya. bank bjb juga telah melakukan berbagai langkah dan terobosan sehinga perusahaan tetap berkinerja baik di masa pandemi maupun pasca pandemi.
Penghargaan KIJB 2023 yang diraih bank bjb, merupakan bukti nyata komitmen bank bjb untuk terus menghadirkan berbagai inovasi yang mengedepankan teknologi / digitalisasi dan memberikan kemudahan bagi para nasabah.
“bank bjb senantiasa melakukan inovasi yang mengedepankan teknologi / digitalisasi, sebagai bagian dari komitmen kami untuk mencapai visi dan misi perusahaan. Sekaligus juga memberikan layanan terbaik bagi masyarakat dan mengakselerasi pertumbuhan ekonomi bagi daerah, khususnya Jawa Barat,” ujar Rio.
Penghargaan ini akan menjadi pendorong semangat bagi seluruh insan bank bjb untuk terus mempertahankan kinerja terbaik sekaligus berinovasi demi mengakselerasi pertumbuhan bisnis dan memberi manfaat besar bagi shareholder dan stakeholder.
bank bjb percaya, melalui inovasi yang mengedepankan teknologi / digitalisasi berkelanjutan akan memberikan dampak kepada upaya untuk terus memperbaiki kualitas dan membentuk karakter perusahaan yang kuat dan adaptif untuk menghadapi tantangan yang diperlukan ada dalam rangka mengakselerasi pertumbuhan usaha.
Pencapaian positif yang diperoleh bank bjb saat ini tidak lepas dari lahirnya berbagai terobosan yang mengedepankan teknologi / digitalisasi yang mampu melampaui waktu sehingga memberi manfaat nyata bagi masyarakat. bank bjb akan terus melakukan inovasi agar memberikan keamanan dan kemudahan bagi nasabah dalam bertransaksi melalui bank bjb untuk memenuhi berbagai kebutuhan banking.
Sebagai informasi, tema KIJB 2023 yaitu “Mencapai Kemandirian Masyarakat Jawa Barat” dimana inovasi yang dinilai memiliki kontribusi kepada pencapaian kemandirian masyarakat jawa barat, seperti halnya inovasi yang bank bjb ikutsertakan dalam KIJB 2023 yaitu Pemberdayaan Perempuan Melalui Platform bjb BiSA! Dalam Rangka Mendukung Peningkatan Perekonomian dan Inklusi Keuangan di Jawa Barat.

KIJB tahun 2023 hadir dengan tagline “GAME ON AND BE CHAMPION!” untuk menjaring lebih banyak inovasi dari berbagai stakeholder pembangunan di Jawa Barat antara lain dari Perangkat Daerah dan Biro Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat, Pemerintah Daerah Kabupaten, Pemerintah Daerah Kota, Kantor/Pusat/Balai/BiroKementerian/Lembaga/Perguruan Tinggi, serta BUMN dan BUMD di Provinsi Jawa Barat.
Kategori inovasi pada KIJB Tahun 2023 memfokuskan pada upaya Mencapai Kemandirian Masyarakat Jawa Barat. Selain itu, KIJB Tahun 2023 tidak hanya ajang kompetisi semata, tetapi ditindaklanjuti dengan tahapan pasca penghargaan meliputi diseminasi, pendaftaran kekayaan intelektual, replikasi, penelitian dan pengembangan, serta rekomendasi kebijakan.
Hal ini menjadikan Kompetisi Inovasi Jawa Barat (KIJB) sebagai platform yang dapat mengakselerasi ekosistem inovasi di Jawa Barat secara berkelanjutan melalui semangat kerjasama dan kolaborasi.
Adapun inovasi yang diikutsertakan dalam KIJB Tahun 2023 wajib memenuhi seluruh kriteria seperti Memiliki Kebaruan, yaitu seluruh atau sebagian unsur dari inovasi daerah tersebut berbeda dengan rancang bangun yang telah ada.
Kriteria lain yaitu Efektif, memperlihatkan capaian yang nyata dan memberikan solusi dalam penyelesaian permasalahan. Kemudian Bermanfaat, yaitu menyelesaikan permasalahan yang menjadi kepentingan dan perhatian publik, antara lain menambah Pendapatan Asli Daerah, menghemat belanja daerah, meningkatkan capaian kinerja Pemerintah Daerah, dan meningkatkan mutu pelayanan publik dan/atau ditujukan bukan untuk kepentingan pribadi atau kelompoknya.
Kriteria berikutnya, Dapat ditransfer/direplikasi, yaitu dapat dan/atau telah dicontoh dan/atau menjadi rujukan dan/atau diterapkan oleh penyelenggara pelayanan publik lainnya. Inovasi yang telah berhasil dilakukan oleh Pemerintah Daerah dapat direplikasi di daerah lain melalui tahapan prosedur dan mekanisme tertentu dengan mempertimbangkan kondisi dan karakteristik wilayah, sosiologis dan kebudayaan, serta potensi daerah yang akan mereplikasi inovasi daerah.
Kriteria terakhir, Berkelanjutan, yaitu mendapat jaminan akan terus dipertahankan yang diperlihatkan dalam bentuk dukungan inklusivitas, ramah lingkungan, program dan anggaran, tugas dan fungsi organisasi, serta hukum dan perundang-undang.