TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Berita  

Bersama Ketua Pencak Silat, Polsek Karanganyar Gelar Silaturahmi dan Piama Pendek

Voxnesia.com,Ngawi-Polsek Karanganyar Polres Ngawi, menggelar Silaturahmi dan Piama Pendek (Ngopi Bersama Pendekar Karanganyar) dengan para Ketua Pencak Silat yang ada di Kecamatan Karanganyar, Sabtu (16/9/2023).

Lima Perguruan Pencak Silat yang hadir diantaranya perguruan Pecak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate, Persaudaraan Setia Hati Tunas Muda Winongo, Pagar Nusa, Ikatan Kera Sakti dan Cempaka putih.

Menindak lanjuti arahan pimpinan, bahwa Silaturahmi yang sudah terjalin antara Polsek Karanganyar dengan para Perguruan Silat terutama para Ketua untuk terus dilaksanakan. Para Ketua Perguruan Silat ini juga mempunyai tanggung jawab untuk menjaga stabilitas keamanan di Karanganyar.

BACA JUGA :  Dandim Ngawi Hadiri Kegiatan Akreditasi Klinik di Polkes.05 Ngawi

“Kita sepakat semua perguruan pencak silat punya tanggung jawab bersama untuk mencegah dan meminimalisir terjadinya potensi konflik ditingkat akar rumput” tegas AKP Supardi.

“Kita menyadari bahwa saat ini pengaruh media sosial cukup luar biasa mempengaruhi potensi gesekan. Hal-hal yang kecil kemudian ketika diterimanya berbeda ini kemudian berdampak situasi di lapangan,” lanjutnya.

Silaturahmi dan Piama Pendek (Ngopi Bersama Pendekar Karanganyar) yang dilaksanakan bertujuan sangat penting untuk membangun sistem komunikasi yang baik ditingkat Polsek, kecamatan hingga desa. Agar masing-masing perguruan pencak silat bisa menjaga kamtibmas dengan baik.

BACA JUGA :  Imbauan Petugas: Jika Ada Hewan Ternak dengan Gejala Sakit di Mulut Mengeluarkan Busa Segera Laporkan

“Inilah yang kemudian menjadi daya cegah dan tangkal bagi masuknya upaya provokasi yang ingin karanganyar tidak kondusif,” tambahnya.

Sementara itu, persoalan pergesekan antar perguruan pencak silat yang kemungkinan bisa terjadi, pihak kepolisian akan melakukan evaluasi penyebab gesekan diakar rumput sesuai fakta dan data. Selanjutnya akan membuat sistem bagaimana potensi konflik diakar rumput tidak terjadi.

“Perlu intensitas pertemuan ditingkat akar rumput desa agar tetap kondusif,” pungkasnya.

BACA JUGA :  Lantik Kades Terpilih, Ini Harapan Pj Bupati Batang

Salah satu Ketua Ikatan Pencak Silat IKSPI Sujono, menyampaikan ucapkan terima kasih kepada Kapolsek Karanganyar yang telah mengumpulkan kami para perguruan pencak silat untuk meningkatkan silaturahmi dan komunikasi guna menjaga Kamtibmas di wilayah Karanganyar

Bahwa sebenarnya antar perguruan pencak silat di Karanganyar saat ini sangat guyub dan sudah saling menjaga silaturahmi dari perguruan utamanya pengurusnya dari ketua perguruan.

“Untuk tingkat akar rumput seperti yang disampaikan oleh pak Kapolsek ini yang perlu ditingkatkan lagi komunikasinya agar tidak mudah terprovokasi” ucapnya.

Penulis: Reza.AgustinaEditor: Reza Agustina