TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Berita  

Koramil 0805/08 Jogorogo bersama BPBD, Perhutani, dan Masyarakat Menanggulangi Kebakaran Hutan di lereng Lawu Utara

Voxnesia.com,Ngawi – Danramil 0805/08 Jogorogo Lettu Inf Suyanto bersama Anggota dan BPBD serta masyarakat melakukan pemadaman api yang terbakar di hutan petak 39 RPH Manyul BKPH Lawu Utara di Dusun Kembang, Desa Girimulyo, Kecamatan Jogorogo, Kabupaten Ngawi, Jumat malam 01 September pukul 19.00 wib, Sabtu ( 02/09/2023).

Upaya yang dilakukan Danramil bersama masyarakat dan BPBD serta perhutani Kph Lawu Utara dengan berusaha memadamkan api yang sudah menjalar luas dengan membuat aliran air yang ada untuk memutus api supaya tidak berkobar dan memisahkan kayu dan daun daunan sehingga api dapat dipadamkan.

Kejadian ini bermula ketika ada salah satu warga melihat titik api dan sebagian hutan sudah terbakar di dusun kembang desa Girimulyo, setelah itu anggota Babinsa dan anggota perhutani setempat bersama Sama dengan masyarakat sekitar berusaha memadamkan api dengan alat seadanya, karena api semakin menjalar satuan relawan dan BPBD mengerahkan seluruh tenaga dan alat pemadam untuk memutus sumber api yang besar dan api dapat dipadamkan.

BACA JUGA :  Polsek Karanganyar Sosialisasi UU No. 18 Tahun 2013

Dengan kejadian Hutan terbakar di petak 39 RPH Manyul BKPH Lawu Utara ini belum diketahui penyebabnya, sementara masih dilakukan penyelidikan dan pengawasan agar tidak terjadi kebakaran hutan lagi.

BACA JUGA :  KPK Belum Periksa Gubernur Khofifah, Ketua MP Ancam Akan Demo Kembali Kawal Kasus Korupsi Dana Hibah Jatim

Menurut Huda saksi yang menempati rumah dinas KRPH Perhutani setempat, bahwa sebagian pohon di hutan tersebut sudah mulai kekeringan dan banyak daun daun yang sudah kering, dia melihat di sore hari sekira pukul 18.00 ada kepulan asap di area hutan di petak 39, yang akhirnya merambat dan api semakin menjalar.”ungkapnya.

(PenDim 0805/Reza)