TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Berita  

Peringati Hari Anak Nasional, OJK dan bank bjb Gelar Kampanye Ayo Menabung di Bogor

BOGOR – Keuangan (OJK) bersama bank bjb dan Pemerintah Kota Bogor menggelar kampanye Ayo Menabung bersama ratusan anak sekolah dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional 2023 pada Selasa, 25 Juli 2023, di Kota Bogor.

Kampanye bertajuk “Ayo Menabung agar Anak Indonesia Bangkit Bergerak, Maju Serentak, Selamanya Berdampak” diikuti 300 pelajar Sekolah Dasar (SD) dari berbagai sekolah di Kota Bogor.

Kegiatan tersebut dihadiri diantaranya Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto bersama jajarannya, Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi, dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica Widyasari Dewi, Deputi Direktur Pelaksanaan Edukasi Keuangan OJK Halimatus Sa’Diyah, Kepala OJK Regional 2 Jawa Barat Indarto Budiwitono, Direktur Pengembangan Bursa Efek Indonesia Jeffrey Hendrik, dan Direktur Konsumer dan Ritel bank bjb Suartini beserta jajaran pejabat eksekutif bank bjb lainnya.

Dalam kampanye Ayo Menabung tersebut, bank bjb, OJK dan Bursa Efek Indonesia menggelar diskusi bersama para pelajar mengenai literasi keuangan mulai dari pengenalan lembaga keuangan, produk dan layanan jasa keuangan, perencanaan keuangan hingga pengenalan pasar modal.

BACA JUGA :  Berbekal Ilmu Arsitektur, Ridwan Kamil Ajak Masyarakat Bantu Pembangunan Masjid di Palestina

Direktur Konsumer dan Ritel bank bjb Suartini mengatakan kampanye Ayo Menabung kepada siswa sekolah tingkat dasar itu sebagai bentuk pengenalan literasi keuangan sejak dini kepada masyarakat.

“Kami berharap kampanye tersebut bisa menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan literasi keuangan di kalangan pelajar,” ujar Suartini.

Dia mengatakan, melalui keigatan itu para pelajar bisa memahami tugas dan fungsi OJK, juga memahami perbedaan kebutuhan dan keinginan serta mengenal produk atau layanan jasa keuangan yang sesuai dengan kebutuhan. Tak hanya itu, pelajar juga diharapkan bisa terampil merencanakan dan mengelola keuangan.

Para peserta yang mengikuti acara ini mendapatkan tabungan bjb SimPel senilai masing-masing Rp50.000. bjb SimPel merupakan produk tabungan bank bjb yang ditargetkan untuk pelajar tingkat pendidikan anak usia dini (PAUD) hingga SMA/sederajat.

BACA JUGA :  Patroli Preventif Sat Samapta Polres Pekalongan, Sambang dan Dialogis dengan Juru Parkir

“Pemberian tabungan tersebut, diharapkan dapat membentuk karakter pelajar untuk gemar menabung sejak dini,” kata Suartini.

Tabungan bjb SimPel memberikan banyak kemudahan bagi pelajar, antara lain adalah setoran awal yang terjangkau, bebas biaya administrasi tabungan dan biaya penggantian buku serta mendapatkan fasilitas kartu ATM.

“Apabila pelajar telah terbiasa memiliki kebiasaan menabung sejak dini, maka di masa dewasa kelak dapat melakukan perencanaan keuangan dengan baik,” ungkap Suartini.

Sementara itu, Wali Kota Bogor Bima Arya berharap melalui kegiatan kampanye ini, para pelajar bisa memahami berbagai pengetahuan mengenai industri keuangan dan bisa memahami pentingnya menabung sejak dini untuk menghadapi masa depan yang lebih baik.

“Mudah-mudahan kegiatan ini menambah semangat siswa untuk bisa menabung, bisa berhemat, berinvestasi yang penting untuk masa depan yang cemerlang,” katanya.

BACA JUGA :  Keren, Partai UKM Indonesia bisa Kalahkan PSI di Survei Litbang Kompas

Sementara itu, Tiara, salah satu peserta yang mengikuti acara ini, mengaku senang bisa mendapatkan banyak ilmu tentang menabung. Menurutnya, menabung sejak dini sangat penting untuk menghilangkan kebiasaan boros.

“Acaranya seru, jadi tahu banyak hal soal menabung. Juga menyenangkan karena dapat tabungan dari bank bjb,” ungkapnya.

Senada dengan Tiara, Dimas, siswa SD lainnya, mengatakan, setelah mengikuti acara ini, ia menjadi lebih paham tentang cara menabung di bank. Dia bahkan berjanji akan lebih giat menabung untuk masa depan yang lebih baik.

“Sekarang uang jajan gak dihabiskan, sebagian mau ditabung di tabungan SimPel bank bjb,” katanya.

Dalam acara tersebut juga dilakukan penyerahan simbolis agen laku pandai bjb BiSA! ke mitra binaan bank bjb di Kampung Perca Sindangsari Kota Bogor.