TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Berita  

Kodim 0805/Ngawi Bersama BPBD Melaksanakan Pelatihan Penanggulangan Tanggap Bencana

Voxnesia.com,Ngawi – Guna meningkatkan kemampuan personil dalam mengatasi tanggap darurat bencana di wilayah, Kodim 0805/Ngawi melaksanakan bersama BPBD Melaksanakan Pelatihan Penanggulangan Tanggap Darurat Bencana sebagai Program Pembinaan Teritorial Kepada Masyarakat, merupakan wujud kepedulian Kodim 0805/ Ngawi kepada masyarakat di wilayahnya dengan tujuan untuk mengurangi dampak yang ditimbulkan apabila terjadi bencana alam serta melakukan antisipasi dini guna mencegah semaksimal mungkin kerugian yang akan ditimbulkan bila terjadi bencana alam, kegiatan pelatihan ini bertempat di lapangan taman candi, Desa Beran, Kecamatan Ngawi, Kabupaten Ngawi, Jumat(14/07/2023).

BACA JUGA :  Komunikasi Sosial Babinsa dengan Warga Binaannya sebagai sarana Pembinaan Teritorial

Hal ini tercantum dalam tugas TNI dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP) adalah membantu dalam penanggulangan bencana alam (UU No. 34/2004, pasal 7 ayat 2) dengan mengambil Tema . “BERSAMA TNI TANGGAP BENCANA”.

Sekitar 65 Relawan yang tergabung dalam relawan Desa Tanggap Bencana ( DESTANA ) menjadi peserta dalam pelatihan tersebut.

BACA JUGA :  Cegah PMK, Bhabinkamtibmas Polsek Patean Lakukan Pengecekan ke Kandang-kandang Sapi di Desa Mlatiharjo

Dalam sambutanya Pasiter Kodim 0805 Kapten Inf Jumadi menuturkan “Kita sebagai aparat kewilayahan bersama masyarakat wajib meningkatkan kewaspadaan dan melatih diri terutama ketika kita sadar bahwa kita hidup didaerah rawan bencana, diharapkan dengan adanya pelatihan ini seluruh warga masyarakat melalui Relawan Desa memiliki sikap yang tanggap dan paham akan peranan masing masing ketika terjadi bencana,”ungkapnya.

Kegiatan tersebut dimulai dengan materi tentang pengenalan potensi bencana serta penangulanganya . adapun materi penanggulangan bencana dan tanggap darurat bencana banjir dilanjutkan dengan briefing terkait simulasi lapangan dipandu langsung oleh BPBD Kab Ngawi.

BACA JUGA :  Peningkatan Perlindungan Hutan, Polsek Karanganyar Patroli di Kawasan Hutan BKPH Pandean

Dengan adanya pemahaman dan pengetahuan tentang tanggap darurat bencana diharapkan semua elemen dan unsur Terkait saling bekerjasama dan saling peduli terhadap situasi dan kondisi wilayah terutama di wilayah yang rawan bencana,”tutupnya.

(PenDim 0805/Reza)