TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Cuaca Ekstrem, Kepolisian Sektor Reban Ingatkan Masyarakat untuk Waspada Terhadap Potensi Bencana Hidrometeorologi

BATANG – Kepolisian Sektor Reban yang dipimpin oleh Kapolsek AKP Daryanto bersama dengan anggota melakukan patroli dan pengecekan debit air sungai serta memberikan imbauan kamtibmas kepada masyarakat di sekitar aliran sungai Kalipetung, Senin (6/3/2023).

Saat ditemui usai kegiatan Apel Sinergitas TNI-Polri di Jalan Veteran Batang, Selasa (7/3/2023), Kapolsek Reban Polres Batang AKP Daryanto menjelaskan, bahwa kegiatan dilakukan sebagai upaya pencegahan dan mengurangi resiko bencana, dengan sasaran patroli di beberapa wilayah, di antaranya Sungai Kalipetung di Desa Polodoro Reban.

Kapolsek Reban mengimbau kepada masyarakat agar berhati-hati saat beraktivitas di sekitar sungai dan dilarang untuk beraktivitas di lingkungan bekas tambang.

“Masyarakat hati hati kondisi cuaca ekstrem yang terjadi dengan curah hujan yang tinggi, dapat meningkatkan risiko terjadinya banjir,” ujarnya.

Ia juga meminta jika ada informasi tentang bencana banjir, segera dilaporkan agar dapat dilakukan penanganan lebih lanjut.

BACA JUGA :  Gotong Royong Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Warga Kerja Bakti Membersihkan Senderan Longsor

“Masyarakat agar waspada untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi cuaca ekstrem seperti hujan lebat, angin kencang, petir, puting beliung, dan lain-lain yang bisa menimbulkan bencana hidrometeorologi seperti banjir, longsor, dan pohon tumbang,” imbuhnya.

Petugas juga mengingatkan agar anak-anak tidak bermain di sekitar sungai, terutama saat ini dengan curah hujan yang tinggi. Petugas juga melakukan pemasangan MMT atau rambu peringatan di sekitar bekas tambang.

BACA JUGA :  Polwan Polres Pekalongan Goes to School, Ajak Siswa-Siswi Cerdas dalam Bermedia Sosial

Hasil pantauan menunjukkan bahwa debit air sungai Kalipetung di Desa Polodoro, Kecamatan Reban, Kabupaten Batang, terpantau stabil dengan sedikit peningkatan dikarenakan curah hujan yang tinggi.

“Kami mengimbau agar masyarakat tetap waspada dan selalu mengikuti arahan dari petugas keamanan. Kita semua harus saling menjaga dan bekerja sama untuk mencegah terjadinya bencana. Semoga kita semua selalu diberikan keselamatan dan perlindungan,” pungkasnya. (*)