TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Sat Polairud Polres Kendal Imbau Nelayan Utamakan Keselamatan Berlayar

KENDAL – Anggota Subnit Bintiasair Sat Polairud Polres Kendal menghimbau dan memberikan motivasi di wilayah pesisir pantai Utara Kendal pada para nelayan yang hendak melaut mencari ikan di laut agar mengutamakan keselamatan, Sabtu (04/02/2023).

Maksud dan tujuan Sat Polairud Polres Kendal melakukan sambang ini adalah untuk memberikan edukasi dan menyerap aspirasi para nelayan, sekaligus memberikan rasa aman kepada para nelayan.

“Kami himbau agar nelayan mengutamakan Safety diri dan mempersiapkan alat-alat keselamatan, melihat situasi cuaca seperti angin, hujan, gelombang laut disaat mencari tangkapan ikan di laut sebelum berangkat melaut maupun sesudah melaut,” himbau Kasat Polairud Polres Kendal Iptu Susyanto.

Menurutnya, alat-alat keselamatan yang harus dimiliki oleh nelayan adalah yaitu jaket pelampung (life jacket), pelampung penolong (life bouy), dan alat isyarat visual seperti isyarat asap apung (buoyant smoke signal) yang digunakan pada siang hari dan pada malam hari serta dapat menggunakan obor tangan (Red hand flare) atau obor parasut (parachute signal) dan alat isyarat visual.

BACA JUGA :  Penandatanganan Nota Kesepakatan (MoU) Antara Polres Pekalongan dengan PTPN IX

“Ini akan sangat membantu bagi penolong atau penyelamat yang ada di darat untuk mengetahui apabila adanya kecelakaan di tengah laut karena situasi cuaca saat ini sedang tidak baik,” tegasnya.

BACA JUGA :  Bhabinkamtibmas Polsek Pegandon Laksanakan Quick Wins Presisi 

“Semoga dengan adanya sambang dan himbauan – himbauan kepada nelayan bisa meminimalisir resiko kecelakaan saat sedang melaut”, pungkasnya. (*)