TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Kirab Merah Putih Bangkitkan Semangat Kebangsaan

BATANG – Bendera merah putih raksasa sepanjang 650 meter melintasi jalanan utama Kabupaten Batang sepanjang 2,5 Kilometer. Iringan bendera merah putih itu bagian dari Kirab Merah Putih dalam rangka Haul Kiai Hasan Surgi Jatikusumo.

Tidak hanya bendera raksasa, kirab itu juga diikuti berbagai sekolah, organisasi kemasyarakatan (ormas), komunitas, ASN dan ribuan guru yang tergabung dalam PGRI, TNI/Polri. Ada drumband, hingga barongsai dalam kirab itu.

“Jumlah pesertanya ini mencapai 7.000 ribuan yang tercatat, tapi mungkin lebih dari itu,” kata Penjabat Bupati Batang, Lani Dwi Rejeki di Astana Pasekaran Batang, Minggu (26/2).

Puluhan ribu warga Batang menyaksikan kirab sepanjang jalan, mulai dari jalan veteran- Jl P Diponegoro – Jl Ahmad Yani- Jl Pemuda – Gang masuk Astana Pasekaran dan finish di Makam Astana Pasekaran.

BACA JUGA :  Satu dari Dua Pelaku Curat Berhasil Diamankan Polisi, Satu Masih Buron

Ia mengatakan, selain untuk memperingati Haul Kiai Hasan Surgi Jatikusumo juga rangkaian dari HUT Kabupaten Batang ke-57. Kirab merah putih merupakan salah satu rangkaian dari HUT Batang.

BACA JUGA :  Jasad Pria yang Tenggelam di Aliran Sungai Wakak Berhasil Dievakuasi 

Tujuan kirab merah putih adalah membangkitkan semangat kecintaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Untuk meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan.

Nampak Kapolres Batang AKBP Saufi Salamun dan Komandan Kodim 0736/Batang Letkol Inf. Ahmad Alam Budiman turut berjalan kaki dalam kirab merah putih. (*)