TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Pentingnya Nasionalisme Bagi Generasi Penerus Bangsa

BATANG – Bermacam cara dilakukan untuk meningkatkan semangat nasionalisme pada generasi muda terutama pelajar sebagai penerus bangsa. Salah satunya seperti yang dilakukan personel Polsek Wonotunggal Polres Batang dan Koramil Wonotunggal dalam meningkatkan rasa nasionalisme dengan mengajak peserta pesta siaga siswa Sekolah Dasar (SD)/ Madrasah Ibtidaiyah (MI) menanamkan kebersamaan dan persatuan.

Kegiatan pesta siaga tersebut diikuti ratusan pelajar SD/MI yang berlangsung di Lapangan Desa Brokoh Kecamatan Wonotunggal, Selasa lalu.

Menurut Kasatbinmas Polres Batang AKP Agung Sutanto mengatakan banyak cara dilakukan untuk meningkatkan rasa nasionalisme agar tidak memudar pada generasi muda, diantaranya melalui pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang di dapat lewat pembelajaran sekolah.

Untuk itulah, pihaknya secara rutin menggelar police goes to school, hadirnya polisi ke sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Batang untuk melakukan pembinaan terkait nasionalisme dan juga mengenalkan sosok polisi pada mereka.

BACA JUGA :  Ciptakan Sitkamtibmas yang Kondusif, Kapolres Puncak Jaya Duduk Bersama Organisasi Kepemudaan, Organisasi Kemasyarakatan, Lembaga Adat dan Kaum Intelektual

“Jadi sejak dini kita tanamkan rasa nasionalisme ini pada generasi penerus bangsa supaya tidak menjadi lemah sehingga mudah ditembus oleh pihak luar,” tandas AKP Agung saat ditemui pada Kamis (16/2/2023).

BACA JUGA :  Luar Biasa Loyalis Erick Thohir Bagi-Bagi Nasi Kotak di Masjid Al Akbar, Sambil Perkenalkan Figur Erick Thohir Capres 2024

Masih banyak lagi upaya yang dapat dilakukan lewat pendidikan di sekolah. Hal terpenting dalam upaya tersebut adalah dapat dilakukan dengan sistem berkelanjutan.

“Atau dilakukan pembiasaan dan tidak hanya dilakukan satu atau dua kali saja,” ungkapnya.

Dengan demikian rasa nasionalisme dalam diri pelajar/generasi muda akan terus berkembang dan makin tumbuh kecintaan terhadap bangsa dan tanah airnya. (*)