TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Berita  

Dandim Ngawi Tinjau Pelaksanaan Penanganan Vaksin PMK di Pasar Hewan Ngawi

Voxnesia.com,Ngawi – Dalam rangka mencegah penyebaran PMK pada hewan ternak di wilayah kabupaten Ngawi, Dandim 0805/Ngawi Letkol Inf Adi Wirawan,S.Hub.Int.,M.H.I bersama Dinas Peternakan Kabupaten Ngawi melaksanakan pengecekan hewan yang belum vaksin di Pasar Hewan dalam rangka memastikan hewan agar terhindar dari penyakit mulut dan kuku (PMK). Senin (30/01/2023).

Kegiatan yang bertempat di pasar legi ngawi Desa Kandangan, Kecamatan Ngawi itu sebagai upaya pencegahan terhadap penyakit PMK yang sekarang sedang menjangkit hewan di Indonesia.

Dandim 0805/Ngawi Letkol Inf Adi Wirawan,S.Hub.Int.,M.H.I mengatakan tugas Kodim membantu Pemda dan saat ini melihat langsung dilapangan bagaimana pelaksanaan vaksinasi terhadap hewan ternak sapi yang saat ini dihadapkan dengan penyakit mulut dan kuku (PMK) khususnya yang ada di wilayah Ngawi,”terangnya.

“Selanjutnya kita melaksanakan koordinasi dengan dinas terkait yaitu Dinas Peternakan, Kabid Kesehatan Hewan, Kabid Peternakan untuk diadakan vaksinasi secara bertahap dan pengawasan secara continue terutama pada hewan ternak yang dari luar kota agar lebih selektif agar tidak menular, ” ucap Dandim.

BACA JUGA :  Wujudkan Kemanunggalan TNI Dengan Rakyat, Anggota Posramil Pitu Bantu Masyarakat Perbaiki Rumah

Hal ini, sebagai bentuk antisipasi penyebaran penyakit PMK. Dengan tetap berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait dan melakukan pemantauan secara bersama akan meminimalisir penyebaran penyakit PMK terhadap hewan.

Sementara itu, Kadis perikanan dan peternakan Kabupaten Ngawi, sdr Bonadi menyampaikan, PMK merupakan bencana non alam dan Dinas peternakan masuk ke dalam Satgas PMK. Yang selama ini sudah berjalan dengan baik dan selalu bekerja sama dengan instansi terkait dalam melaksanakan pelayanan kesehatan hewan ternak dan vaksinasi PMK.

BACA JUGA :  Sekda Jabar Resmikan Cafe PRSBK Binaan UPTD PRSBK Dinsos

“Kegiatan yang dilaksanakan hari ini adalah penanganan dan Vaksinasi hewan ternak sapi langsung ke tempat sasaran agar beberapa penanganan kasus PMK segera berkurang,” ujar Yudi.

Menurutnya, pencegahan dapat dilaksanakan melalui teknis-teknis untuk membuat PMK menurun. Secara umum kesehatan hewan harus dijaga oleh pemeliharanya dan perawatan yang baik serta menjaga kesehatan ternak.

(PenDim 0805/Reza)