TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Pencegahan Stunting, Ini yang Dilakukan Forkopimcam Batang

BATANG – Forkopimcam Batang menggelar kegiatan Rapat Koordinasi Pencegahan Stunting sekaligus melaunching Persaudaraan Madani (Permadani) bersama penggerak PKK kecamatan di pendopo Kecamatan setempat, Rabu (18/1/2023).

Camat Batang Luksono mengatakan percepatan penanganan stunting ini sesuai dengan Perpres 72 Tahun 2021 tentang percepatan penurunan stunting, yang mengamanatkan agar Pemerintah Kabupaten/Kota bisa melaksanakan percepatan penanganan stunting.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mempercepat penanganan stunting di Kabupaten Batang khususnya di Kecamatan Batang,” katanya.

BACA JUGA :  Cipta Kondisi Jelang Kunjungan Mensos dan HUT RI ke-77, Polres Puncak Jaya Gelar Patroli Malam Hari

Ia menjelaskan untuk stunting di Kecamatan Batang sejauh ini mengalami penurunan.

“Allhamdulillah jumlah stunting di Kecamatan Batang sudah mengalami penurunan, hal itu atas upaya dan bantuan semua pihak dalam mengatasi stunting,” jelasnya.

Untuk itulah, meningkatkan percepatan penanganan stunting ini, pihaknya meluncurkan program Persaudaraan Madani (Pemadani). Permadani akan berkolaborasi dengan ibu-ibu PKK dan kecamatan.

“Program ini merupakan bentuk gotong royong bersama, dengan melakukan gerakan lima ribu rupiah, untuk membantu balita yang terkena stunting dalam penambahan gizi. Semoga kegiatan ini bisa berkelanjutan karena ini wujud pergerakan nyata,” bebernya.

BACA JUGA :  Ketua IDI Cabang Jakarta Timur: IDI Harus Profesional, Kesejawatan dan Menjunjung Etika Kedokteran 

Senada, Kapolsek Batang Polres Batang AKP Akhmad Al Munasifi menyampaikan, rapat ini bukan pengarahan namun musyawarah dalam penanganan stunting.

“Percepatan penanganan stunting ini merupakan program prioritas dari presiden diharapkan kita semua mendukung dan mensukseskan program pemerintah tersebut,” tegas Kapolsek.

Sementara itu Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Batang Dyah Purwanti mengatakan, Permadani merupakan program yang mempersaudarakan saudara.

BACA JUGA :  Cegah Kenakalan Remaja di Kalangan Pelajar, Polsek Kaliwungu Gelar Sosialisasi di SMPN 3 Kaliwungu Kendal 

“Permadani merupakan program mempersaudarakan antara saudara yg berkecukupan (aghniya) dengan saudara yg belum berkecukupan (dhuafa).Tujuannya menggalang solidaritas dan empati serta berbagi kepada saudara yg belum berkecukupan,” bebernya.

Ia menambahkan dalam kegiatan ini, akan diadakan penggalangan dana gotong royong melalui gerakan rp5 ribu untuk mensukseskan program pemerintah dibidang kesehatan khususnya pencegahan stunting di Kecamatan Batang. (HS)