TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

KNPI Siap Berkolaborasi Dengan Pemerintah Wujudkan Digitalisasi UMKM

Voxnesia, Jakarta – Transformasi digital bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) menjadi salah satu isu yang dibahas di forum KTT G20. Digitalisasi UMKM dianggap menjadi solusi untuk membawa peluang-peluang UMKM agar tetap bertahan di tengah Pandemi Covid-19 dan bahkan semakin naik kelas.

Ketua Bidang Usaha Mikro Kecil Menengah DPP KNPI, Gemah Putra mengatakan dirinya akan terus mengawal komitmen pemerintah terkait digitalisasi UMKM. Sebab menurunnya, hasil yang menguntungkan dari UMKM telah terbukti telah menjadi penyangga perekonomian negara dari krisis.

“Digitalisasi ini sejatinya jalan ekspansi kan? Jadi memang kami sudah lama mendorong UMKM bisa go-international. Jangan hanya menjadi topik diskusi saja, saya berharap konsisten dijalankan,” ucapnya, Rabu (16/11/2022).

BACA JUGA :  TNI-Polri dan Warga Sipil Berguguran, Gus Din Intelektual Muda Minta Pemerintah Terapkan DOM Terbatas

Dia menambahkan, alasan penting lain pemerintah perlu secara masif dan konkret membesarkan daya jangkau perdagangan karya nasional punya nilai kearifan lokal UMKM. Gemah berharap kedepan UMKM semakin berperan besar memajukan peradaban bangsa Indonesia.

BACA JUGA :  Bahas Sitkamtibmas, Kapolsek Ilu Ikuti Rapat TNI-POLRI dan Pemerintah Distrik

“Aktivitas bisnis-bisnis baru UMKM saat ini dan kedepan pasti akan lebih banyak dikelola milenial atau generasi-Z,” tegasnya.

“Jadi transformasi digital ini harus menjadi agenda utama, jangan sampai pengurusan sertifikasi dan NIB aja mereka gak bisa dan ribet,” sambung Gemah. (red)

Editor: Syafrudin Budiman SIP