TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Gelaran Upacara Peringatan Hari Pahlawan 2022 di Kabupaten Batang

BATANG – Pemerintah Kabupaten Batang menggelar upacara memperingati Hari Pahlawan 2022 di Halaman Pendopo Kabupaten setempat, Kamis (10/11/2022).

Setelah pelaksanaan kegiatan tersebut, masih dalam rangkaian memperingati Hari Pahlawan, dilanjutkan upacara ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kadilangu Kabupaten Batang. Bertindak selaku inspektur upacara (Irup) Komandan Kodim 0736/Batang Letkol Inf. Ahmad Alam Budiman.

Selanjutnya dilaksanakan upacara ziarah laut di Pantai Sigandu dengan Irup Kapolres Batang AKBP M. Irwan Susanto.

Penjabat (Pj) Bupati Batang Lani Dwi Rejeki mengatakan, hari ini kita melakukan ziarah ke makam Pahlawan yang tujuannya untuk menemukan kembali jejak para Pahlawan dalam hidup kita sebagai Bangsa dan Negara Merdeka.

BACA JUGA :  Jum'at Sehat, Personel Polres Puncak Jaya Laksanakan Olahraga Bersama dengan Jalan Santai

“Kita hidupkan kembali dalam benak kita atas perjuangan para Pahlawan Bangsa terutama bagi generasi muda. Dari para pejuang yang gugur dalam palagan pertempuran mempertahankan Kemerdekaan, penting kita resapi semangat dan keikhlasannya,” jelasnya.

Seperti amanat dari Mensos RI pada Hari Pahlawan yang mengambil tema “Pahlawanku, Teladanku” untuk meningkatkan rasa kesatuan dan kebersamaan masyarakat, seperti Bhinneka Tunggal Ika.

BACA JUGA :  Tak Pandang Bulu, Polres Pekalongan Komitmen Tindak Tegas Perjudian 

“Generasi muda harus meniru semangat dari para pahlawan terdahulu yang telah berjuang untuk bangsa dan negara tanpa pamrih. Jadi harapannya seperti itu, para pemuda bisa tiru semangatnya untuk menjga keutuhan NKRI persatuan dan kesatuan,” tegasnya.

Disinggung mengenai era digitalisasi yang saat ini telah berkembang pesat, Lani pun meminta para penerus generasi bangsa untuk lebih bijak dalam bermedia sosial tidak memancing hal negatif yang akan memecah belah persatuan bangsa.

BACA JUGA :  Kinerja 100 Hari Mendag Zulkifli Hasan Berhasil Sukses Usai Dilantik Presiden

Generasi penerus para pahlawan akan tetap setia menjaga kemerdekaan, mengisinya dengan pembangunan, dan melajukan negara ini ke arah kemajuan. “Pengorbanan para pejuang yang bertaruh nyawa untuk tegak dan berdirinya Republik Indonesia yang kita cintai ini takkan sia-sia,” tandasnya.

Nampak Forkopimda Batang meletakkan karangan bunga dan menabur bunga di TMP Kadilangu dan Pantai Sigandu, untuk menghormati jasa-jasa pahlawan yang ada di Kabupaten Batang. (HS)