TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Kapolres Pekalongan Launching Kampung Tangguh Bersih Narkoba 

Voxnesia, PEKALONGAN – Kampung Tangguh Bersih Narkoba di Desa Dororejo Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan resmi dilaunching hari ini, Jumat (21/10/2022).

Launcing dihadiri oleh Kapolres Pekalongan AKBP Dr. Arief Fajar Satria, S.H., S.I.K., M.H., Kepala BNNK Batang Bapak Khrisna Anggara, S.H., M.Si, Kabidkesbangpol Kabupaten Pekalongan Drs. H. Subhan, M.Pd, Kepala Dinas Kesehatan, Kasat Narkoba dan Kasat Lantas Polres Pekalongan, Forkopimcam Doro, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda Desa Dororejo.

Sekcam Doro Muzaeni, S.Pd, M.Si dalam kesempatan tersebut menyampaikan, Desa Dororejo ini bagian dari Kecamatan Doro yang ditunjuk sebagai Kampung Tangguh Bersih Narkoba. “Mudah-mudahan dipilih bukan karena ada kasus narkoba, akan tetapi betul-betul karena Desa Dororejo bersih dari narkoba,” ujarnya.

BACA JUGA :  Politisi PAN: Surplus Perdagangan Indonesia Menyentuh Angka US$54 Miliar atau Rp831 Triliun

Muzaeni menjelaskan, Narkoba sudah begitu parah sehingga perlu adanya kegiatan Kampung Tangguh Bersih Narkoba untuk bergerak membentengi diri dari pengaruh narkoba. “Kita bersinergi bersama unsur Kepolisian, TNI, masyarakat, untuk bersama-sama memberantas narkoba. Harapannya, di Kecamatan Doro bebas dari pengaruh narkoba,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala BNNK Batang Khrisna Anggara, S.H., M.Si mengapresiasi kegiatan pembentukan Kampung Tangguh Bersih Narkoba.

“Alhamdulilah kita bisa hadir di Desa Dororejo atas undangan dari pak Kapolres, saya antusias dan saya apresiasi kegiatan ini. Kami BNNK Kab. Batang punya tugas merangkul wilayah sekitar kami meliputi Kota Pekalongan, Kabupaten Pekalongan dan Kabupaten Pemalang,” tuturnya.

BACA JUGA :  Syafrudin Budiman Apresiasi Positif Konser Birukan Langit Indonesia di 14 Kota

Khrisna menjelaskan bahwa pemilihan Desa Dororejo ini sebagai Kampung Tangguh Bersih Narkoba Polres Pekalongan bukan berarti di Desa Dororejo sebagai kawasan rawan narkoba.

Menurutnya, penyalahgunaan narkoba di kalangan pekerja kalau tidak sabu ya ganja, di kalangan pelajar biasanya obat-obatan seperti dekstro dan lain-lain.

Melalui program ini, ada beberapa kegiatan program dan bukan aspek penegakan hukumnya saja. “Kita juga bisa memaksimalkan di program pencegahan, bidang rehabilitasi, kita butuh dukungan dan peran masyarakat,” tambahnya.

Sebelum melaunching Kampung Tangguh Bersih Narkoba, Kapolres Pekalongan AKBP Dr. Arief Fajar Satria S.H., S.I.K., M.H menyampaikan bahwa didalam pembentukan Kampung Tangguh Bersih Narkoba Polres Pekalongan ada beberapa langkah yang dilakukan yaitu preventif (pencegahan), preemtif dan represif (tindakan).

BACA JUGA :  Pastikan Wilayah Aman dan Kondusif, Polsek Kendal Kota Gencarkan Patroli

Menurut AKBP Arief, memenangi Narkoba bukan hanya tugas BNN dan Polri saja, memerangi Narkoba adalah tugas kita bersama. “Mari bersama-sama membrantas Narkoba dan jaringannya guna menyelamatkan generasi muda. Inilah peran dari Kampung Tangguh Bersih Narkoba Polres Pekalongan. Saya ucapkan terimakasih kepada Kasat narkoba, Kapolsek Doro, Camat Doro, Kepala Desa Dororejo, ini sebagai tahap awal untuk menyelematkan generasi kita,” ujarnya.

Dengan dilaunchingnya Kampung Tangguh Bersih Narkoba, Kapolres berharap bisa memberikan dampak yang positif dan sebagai titik awal dalam memberantas Narkoba di Kabupaten Pekalongan. (HS)