TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Saat Hujan, Pengendara Diminta untuk Berhati-hati di Jalan

Voxnesia, PEKALONGAN – Memasuki musim penghujan, Satuan Lalu Lintas Polres Pekalongan meminta kepada para pengguna jalan untuk lebih berhati-hati dalam berkendara. Hal tersebut dikatakan Kasat Lantas Polres Pekalongan, AKP Fitriyanto, S.H., M.M., Kamis (20/10/2022).

Menurutnya, salah satu faktor penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas selain human error atau alasan teknis kendaraan, juga karena faktor cuaca.

“Untuk itu kami meminta para pengguna jalan harus berhati-hati mengendarai kendaraannya, terutama ketika hujan turun. Saat kondisi musim penghujan di sertai petir dan angin kencang pengguna jalan tentunya harus lebih waspada,” ujarnya.

BACA JUGA :  Dewi Aryani Gelar Sosialisasi 4 Pilar di Rumah Aspirasi 

Untuk itu AKP Fitriyanto mengimbau kepada pengguna kendaraan tidak lupa menyalakan lampu kendaraannya karena jarak pandang berkurang saat terjadi hujan.

“Kalau perlu pengendara roda dua sebaiknya berteduh dulu kalau hujan,” terangnya.

Pihaknya pun meminta agar pengendara kendaraan tidak memaksakan untuk memacu kendaraan di tengah hujan. Mengingat berkendara saat hujan akan membuat pandangan terbatas, untuk itu para pengendara diminta menepi dan berteduh dulu ditempat yang dirasa aman dari pada melanjutkan perjalanan. Namun demikian pihaknya tidak menyarankan berteduh di bawah pohon, mengingat dalam kondisi hujan lebat disertai angin kencang, kondisi pohon yang sudah tua bisa menjadi petaka bagi pengendara sepeda motor. Pohon bisa tumbang sewaktu-waktu karena tertiup angin kencang.

BACA JUGA :  Dewi Aryani Minta BPOM Pidanakan Perusahaan-perusahaan yang Melakukan Pelanggaran 

Lebih lanjut, pihaknya juga mengingatkan hal yang terpenting sebelum mengendarai kendaraan, diminta pengendara terlebih dahulu mengecek kendaraan dan surat-surat kelengkapan kendaraan.

BACA JUGA :  Kapolres Puncak Jaya Hadiri Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gereja Sanoba dan Peresmian Gedung Aula Gereja Klasis Gurage

“Sebelum bepergian kita harus mengecek fisik kendaraan seperti ban, spion, lampu dan sebagainya agar dapat mencegah hal-hal yang tidak diinginkan dan juga untuk kelengkapan surat harus dipersiapkan,” katanya. (HS)