TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Curah Hujan Tinggi, Kapolres Pekalongan Imbau Warga untuk Selalu Waspada

Voxnesia, PEKALONGAN – Kapolres Pekalongan AKBP Dr. Arief Fajar Satria, S.H., S.I.K., M.H mengimbau agar masyarakat tetap waspada dengan curah hujan tinggi yang mengguyur wilayah Kabupaten Pekalongan dan sekitarnya beberapa hari ini.

“Curah hujan diperkirakan masih akan tinggi, untuk itu kami imbau agar warga setempat tetap waspada terhadap ancaman bencana alam baik banjir dan tanah longsor,” ucapnya, Kamis (20/10/2022).

Kapolres Pekalongan mengatakan, musibah yang disebabkan alam sangat sulit di prediksi kapan terjadinya. Namun dengan kewaspadaan tinggi diharapkan dapat meminimalisir dampak yang ditimbulkan.

BACA JUGA :  Wakapolres Puncak Jaya Pimpin Pelaksanaan Giat Kerja Bakti di Gereja GIDI Jemaat Yerusalem II

Tidak hanya masyarakat yang ada di darat yang perlu mengantisipasi erosi dan banjir saat curah hujan tinggi. Namun para nelayan pun diharapkan meningkatkan kewaspadaannya. “Saat akan melaut, para nelayan agar memperhatikan cuaca. Jangan nekad melaut saat cuaca ekstrem,” ucapnya.

Tak hanya itu, Kapolres pun meminta kepada warga yang tinggal didataran tinggi a untuk tetap waspada. Sebab daerah dataran tinggi berpotensi timbulnya bencana longsor. “Kami minta masyarakat di wilayah rawan bencana longsor harus meningkatkan kewaspadaan. Jika terjadi hujan dalam waktu yang lama dan intensitasnya tinggi perlu mencari tempat yang aman,” pintanya.

BACA JUGA :  Ketum Al Maun Menduga Longgarnya Perijinan Pinjol Bisa Terjadi Penyalahgunaan Kekuasaan

Bagi masyarakat yang sedang dalam perjalanan ketika melalui tepi hutan lebih baik berhenti dan berteduh ditempat yang aman. Karena pepohonan tepi jalan juga rawan tumbang disaat musim penghujan.

BACA JUGA :  Zulkifli Hasan Banyak Dikecam, Partai UKM Indonesia Membela Karena Sosok Peduli Ekonomi Rakyat Kecil

Apabila ada pohon tumbang menutup jalan kami minta pengguna jalan juga memberikan informasi kepada petugas, baik Polsek terdekat, Pemerintah Desa atau Tim Penanggulangan Bencana. Dengan informasi tersebut maka petugas dapat cepat turun ke lokasi, sehingga dapat dengan cepat tertangani,” lanjutnya.

Dan kepada para Kapolsek jajaran dan seluruh anggota Bhabinkamtibmas untuk memonitoring wilayah masing-masing dan terus berkoordinasi dengan perangkat desa tentang kondisi dilapangan sehubungan dengan curah hujan yang tinggi. (HS)