Launching Peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2022

Voxnesia, PEKALONGAN – Bertempat di halaman kampus II UIN KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan Desa Rowolaku Kecamatan Kajen telah dilaksanakan kegiatan launching peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2022, Selasa (28/9/2022).

Kegiatan launching dihadiri oleh Menteri Agama Republik Indonesia Yaqut Cholil Qoumas, Direktur Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Prof. Muhammad Ali Ramdhani, Anggota Komisi VIII DPR RI Muhammad Fauzan Nurhuda Yusro, M.Si, Kapolres Pekalongan AKBP Dr. Arief Fajar Satria, S.H., S.I.K., M.H., Dandim 0710 Pekalongan Letkol Inf. Rizki Aditya, S.Sos., M.Han, Direktur Pendidikan Dhiniyah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama Dr. Waryono, M.Ag, Rektor UIN KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan Dr. H. Zaenal Mustakim, M.Ag, Kepala Kantor Kementrian Agama se-Jawa Tengah.

BACA JUGA :  Tingkatkan Kebugaran Tubuh, Personel Polres Puncak Jaya Laksanakan Olahraga Bersama Jalan Santai

Direktur Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Prof. Muhammad Ali Ramdhani dalam kesempatan tersebut mengatakan peringatan hari santri bertujuan untuk mengingat, mengenang dan meneruskan perjuangan pesantren yang sampai dengan pada saat ini santri-santrinya telah mengisi strata kehidupan dibangsa ini.

Menurutnya, pesantren adalah lembaga yang aman dan nyaman dalam pemuliaan manusia. “KH. Abdurrahman Wahid merupakan santri juga yang namanya harum, beliau santri yang juga pernah menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia,” ujarnya

BACA JUGA :  Polres Puncak Jaya Amankan Giat Peresmian Gereja GIDI Jemaat Bukit Sion Klasis Mulia Puncak Senyum Distrik Irimuli

Ali Ramdhani mengharapkan seluruh masyarakat agar ikut serta menggelar hari santri, agar semarak dari tahun tahun sebelumnya.

Sementara itu, Menteri Agama Republik Indonesia Yaqut Cholil Qoumas dalam sambutannya mengatakan hari santri ini adalah anugerah dari pemerintah Presiden Jokowi kepada para santri yang dulu diakui yang pada jaman dahulu ikut berjuang pada kemerdekaan Republik Indonesia.

“Peringatan hari santri ini ditujukan untuk santri yang telah berjuang, diantara kebesaran kebesaran santri tadi, pada hari ini santri mendapatkan posisi penting pada negeri ini,” katanya.

BACA JUGA :  Partai UKM Indonesia Kumpulkan Kader di HUT ke 1, Nyatakan Solid Dukung Ganjar-Erick di Pilpres 2024

Yaqut Cholil Qoumas yakin bahwa mahasiswa UIN Gusdur pada malam ini dapat menjawab tantangan-tantangan yang ada di depan mata.

“Peringatan launching hari santri ini, merupakan momen untuk merenungi jasa jasa santri pada masa dahulu,” tambahnya.

Usai sambutan, Menteri Agama Republik Indonesia secara langsung melaunching peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2022.

Kapolres Pekalongan AKBP Dr. Arief Fajar Satria, S.H., S.I.K., M.H dalam kesempatan tersebut mengungkapkan, pihaknya juga telah menempatkan personilnya guna pengamanan kegiatan launching peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2022. (HS)