Kapolres Pekalongan Cek Peralatan Dalmas dan Latihan PHH Dalmas

Voxnesia, PEKALONGAN – Kapolres Pekalongan AKBP Dr. Arief Fajar Satria, S.H., S.I.K., M.H dengan didampingi Pejabat Polres lainnya melakukan pengecekan peralatan Dalmas dan latihan Pengendali Massa (Dalmas), Senin (6/9/2022).

Pelatihan Dalmas yang dipimpin oleh Kasat Samapta AKP Edi yulintoro, S.H dan diikuti oleh personil Polres Pekalongan yang dilibatkan dalam peleton kerangka dan dilaksanakan di halaman depan Mapolres Pekalongan.

Kapolres Pekalongan AKBP Dr. Arief Fajar Satria, S.H., S.I.K., M.H menjelaskan, latihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan personil agar tidak ragu-ragu dalam bertindak menghadapi situasi yang sebenarnya. disamping itu juga untuk peningkatan kemampuan personil dalam hal pengendalian massa apabila sewaktu-waktu terjadi aksi unjuk rasa,” ucapnya.

BACA JUGA :  Gandeng BIN, Lapas Binjai Kanwil Kenkumham Sumut Laksanakan Vaksinasi Booster Kepada 337 Warga Binaan

“Latihan ini dilaksanakan selain bertujuan untuk meningkatkan kemampuan, yang terpenting yaitu untuk menyamakan presepsi pada saat melaksanakan tugas dilapangan,” tambahnya.

Lebih lanjut AKBP Arief menjelaskan, kegiatan ini akan terus dilaksanakan secara rutin sebagai persiapan apabila terjadi unjuk rasa yang mana ekskalasinya dapat meningkat menjadi anarkis massa, maka kita anggota Polri telah siap dengan segala kemungkinan.

“Sudah menjadi tugas personil Kepolisian untuk terus siap siaga dalam mengatasi segala bentuk kerawanan gangguan kamtibmas, yang mana salah satunya adalan dengan rutin melaksanakan pelatihan kemampuan seperti ini,” tandasnya.

BACA JUGA :  PT. EDR Buka Jalan Peningkatan Bisnis Pemanfaatan Teknologi Drone Inovative

Usai menyaksikan latihan Dalmas, Kapolres Pekalongan bersama Pejabat Utama Polres lainnya melakukan pemeriksaan dan pengecekan kelengkapan peralatan Pengendalian Massa (Dalmas) dan kendaraan bermotor Sat Samapta pengecekan itu dalam rangka untuk memastikan masih layak atau tidak digunakan.

Kapolres AKBP Arief menuturkan, satu per satu peralatan Dalmas yang dimiliki oleh Sat Samapta Polres Pekalongan yang berjejer rapi di halaman Gedung Mapolres. Mulai dari rompi Dalmas, tongkat hingga tameng Dalmas. Begitu pula kendaraan bermotor pun turut diperiksa, baik itu kendaraan roda dua, hingga kendaraan roda empat seperti truk Dalmas.

BACA JUGA :  Polda Jateng Serahkan Bantuan Sembako di Tiga Titik wilayah Kabupaten Kendal

“Semua peralatan yang kita periksa masih bisa digunakan semua. Pengecekan kali ini kita lakukan untuk memastikan apakah peralatan tersebut masih bisa digunakan atau tidak,” jelasnya.

Pihaknya pun berpesan kepada setiap personel, bahwasanya peralatan harus selalu siap saat dibutuhkan sehingga kedepannya tidak ada kendala sekecil apapun yang menjadi hambatan.

“Pengecekan peralatan Dalmas ini kami lakukan, agar apabila sewaktu-waktu bisa langsung digunakan. Apalagi ketika terjadi gangguan kamtibmas di wilayah hukum Polres pekalongan. Dimana alat-alat yang kami miliki ini harus dalam keadaan siap kapan saja,” pungkasnya. (HS)