TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Cegah PMK, Peternak Sapi Diimbau Jaga Kebersihan Kandang

Voxnesia, KENDAL – Kapolsek Patean AKP Budijanton S.H bersama Bhabinkamtibmas Aipda Zumroni melaksanakan sambang dan imbauan terhadap pemilik peternak sapi dengan adanya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di wilayah kecamatan Patean Kabupaten Kendal, Kamis (18/8/2022) di kandang sapi milik Narso di Dusun Pakeman RT. 04 RW. 04 Desa Sidodadi, Kecamatan Patean Kabupaten Kendal.

BACA JUGA :  Jaga Kebugaran Tubuh, Polres Puncak Jaya Ikuti Olahraga Bersama Senam Jantung Sehat Pemerintah Daerah dan TNI

Dalam giat tersebut, Kapolsek Patean AKP Budijanton melaksanakan monitoring, pengawasan dan imbauan terhadap peternak sapi dengan adanya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) terhadap warga peternak sapi.

“Kami memeriksa ternak sapi milik saudara Narso di Dukuh Pakeman RT. 04/04 Desa Sidodadi, Kecamatan Patean Kabupaten Kendal. Jumlah sapi 2 ekor semua dalam kondisi sehat,” ujar Kapolsek Patean.

BACA JUGA :  Dewi Aryani Kembali Sosialisasikan 4 Pilar Ingatkan Toleransi Beragama

“Dengan adanya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), peternak sapi diimbau supaya menjaga kebersihan kandang, dan selalu memperhatikan kondisi kesehatan sapi. Segera melaporkan apabila mendapati sapi dengan gejala sakit di mulut dengan mengeluarkan busa dan tidak mau makan kepada Mantri Hewan atau Dinas Peternakan terkait,” imbuhnya

Sementara itu Narso peternak sapi mengaku bahwa sapi miliknya memang terjangkit salah satu penyakit tersebut, namun dengan pengobatan yang teratur sehingga kondisi sapi saat ini sudah berangsur pulih,” tuturnya.

BACA JUGA :  Sopir Parkir Liar di Bahu Jalan Akan Ditindak Tegas

Dirinya juga mengaku hewan ternaknya diambil samplenya untuk dilakukan pemeriksaan oleh petugas hasilnya 1 ekor sapi terindikasi gejala PMK, namun saat ini kondisi sapi sudah sembuh,” ujar Narso. (HS)