TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Berita  

Polres Ngawi Perketat Pengawalan Rombongan Caga PS Ki Ageng Pandan Alas Cabang Ngawi Ke Padepokan Pusat Madiun

Voxnesia..com,Ngawi- Rangkaian kegiatan masyarakat di bulan Muharram 1444 H atau bulan Suro tahun 2022 masih bergulir, seperti yang diagendakan oleh Perguruan Silat Ki Ageng Pandan Alas Cabang Ngawi untuk memberangkatkan 59 orang calon warga barunya ke padepokan pusat Pandan Alas di Desa Gondosuli Kecamatan Kare Kabupaten Madiun.

Pemberangkatan 59 Caga dan beberapa pendampingan tersebut dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 12 Agustus 2022 pukul 13.45 WIB dari titik kumpul di rumah Hendro Suyitno Ketua Ki Ageng Pandan Alas Cabang Ngawi Dusun Balongcapang Desa Pangkur Kecamatan Pangkur.

Polres Ngawi dalam mengelola Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Harkamtibmas) pada agenda kegiatan PS Ki Ageng Pandan Alas berpedoman pada Standar Operasional Prosedur pengamanan kegiatan masyarakat.

Ketika dikonfirmasi dalam pemantauan pengamanan dan pengawalan kegiatan tersebut, Kapolres Ngawi AKBP Dwiasi Wiyaputera mengatakan, pihaknya menggelar personel pengamanan dan pengawalan secara ketat untuk pemberangkatan calon warga baru Perguruan Silat Ki Ageng Pandan Alas Cabang Ngawi menuju ke Padepokan Pusat Desa Gondosuli Kecamatan Kare Kabupaten Madiun, Jumat 12/8/2022.

BACA JUGA :  Pererat Silaturrahmi, Babinsa Koramil 0805/10 Sine Hadiri Acara Halal Bihalal PSNU.

“Kita gelar pengamanan dengan kekuatan 14 personel yang dikendalikan Kabagops Polres Ngawi Kompol Slamet Suyanto S.H., M.H. didampingi Kapolsek Pangkur Subandi S.H., M.H.,” ujar Dwiasi.

Sebagaimana hasil kesepakatan bersama pada kesempatan rapat koordinasi di Polres Ngawi yang dihadiri Forkopimda Ngawi, Instansi terkait, Ketua IPSI Kabupaten Ngawi dan para Ketua Cabang Perguruan Silat di Kabupaten Ngawi, bahwa pergerakan warga atau mobilitas warga perguruan silat dalam kegiatan pengesahan warga barunya tidak ada yang menggunakan kendaraan bermotor roda dua.

“Ya, rombongan calon warga dan pendamping harus menggunakan kendaraan roda empat atau lebih,” tegas Dwiasi.

BACA JUGA :  Polres Ngawi Jangkau 129 Warga Pada Gelaran Vaksinasi Presisi di Kampus Akper

Sementara itu dilokasi pemberangkatan, Kapolsek Pangkur AKP Subandi selaku pengendali pengawalan rombongan mengatakan, personel Polsek Pangkur bersama personel Posramil dibantu personel Trantib Kecamatan Pangkur secara maksimal memberikan pengamanan dan pengawalan pemberangkatan rombongan calon warga baru PS Ki Ageng Pandan Alas sampai lokasi pengesahan di Padepokan Pusat Desa Gondosuli Kecamatan Kare Kabupaten Madiun.

“Jumlah calon warga baru sebanyak 59 orang rinciannya dari Ranting Ngale 2 orang, Legowetan 8 orang, Sadang 10 orang, Gandri 11 orang, Balongcapang 3 orang, Ngleri 2 orang dan Ranting Pleset 23 orang,” jelas Subandi.

Dalam kegiatan tersebut, tambah Subandi, juga akan diikuti oleh 30 orang warga senior dan pendamping, menggunakan kendaraan 2 unit Bus dan 1 unit kendaraan pribadi. Sedangkan waktu kepulangan peserta pada hari Minggu tanggal 14 Agustus 2022 sekira pukul 04.00 WIB juga akan dikawal dari Kecamatan Kare hingga titik awal pemberangkatan Desa Pangkur.

BACA JUGA :  FKPPI Peduli anak negeri Berbagi ke panti asuhan

“Route perjalanan yang dilalui dari titik kumpul di rumah Hendro Suyitno Dusun Balongcapang Desa dan Kecamatan Pangkur – Gandri – Dumpil – Nglames – Padepokan Pusat PS KI Ageng Pandan Alas Desa Gondosuli Kecamatan Kare Kabupaten Madiun,” terang Subandi.

Lebih lanjut Kapolsek Pangkur menambahkan, untuk antisipasi kerawanan dalam perjalanan berangkat maupun kepulangannya, pihaknya selalu menjalin koordinasi dan komunikasi dengan pengurus PS Ki Ageng Pandan Alas Cabang Ngawi.

“Kita juga berdayakan Kanitintelkam dan Bhabinkamtibmas Polsek Pangkur untuk melaksanakan himbauan kepada tokoh perguruan beladiri agar menghormati kegiatan yang dilakukan oleh perguruan beladiri lainnya, untuk ikut berperan serta menciptakan situasi dan kondisi yang kondusif di wilayah Kecamatan Pangkur,” pungkas Subandi.

(Reza.A)