Berita  

Polres Ngawi Gelar Latkatpuan Jurnalis, Fotografi dan Videografi

Voxnesia.com,Ngawi- Untuk meningkatkan kemampuan personel di bidang Kehumasan. Polres Ngawi melalui Bagian Sumber Daya Manusia (Bag SDM) menggelar Latihan Peningkatan Kemampuan (Latkatpuan) Jurnalis, Fotografi dan Videografi di Rupatama Parama Satwika Polres Ngawi, Selasa (9/8).

Latkatpuan tersebut dibuka langsung oleh Kapolres Ngawi AKBP Dwiasi Wiyatputera, S.H., S.I.K., M.H. dihadiri Wakapolres Ngawi, PJU, dan perwakilan personel Polres dan Polsek Jajaran Polres Ngawi, dengan mendatangkan narasumber Ketua PWI Kabupaten Ngawi Ari Kundari, Aswi Manar dari Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia dan Joko Suwarsono Ahli Fotografi.

Ditemui usai membuka kegiatan, Kapolres Ngawi AKBP Dwiasi mengatakan, Latkatpuan personel Polres Ngawi mengangkat tema literasi digital bagi personil Polres Ngawi guna meningkatkan fungsi kehumasan dalam menyampaikan berita kepada Publik.

BACA JUGA :  Ketua IWO Jambi Berpulang, Ketua Umum IWO Minta Warisi Dedikasi Nurul Fahmy

“Selama ini fungsi kehumasan sudah berjalan dengan baik, namun perlu dioptimalkan khususnya dalam literasi digital melalui sosial media,” ungkap AKBP Dwiasi, Selasa (9/8).

Menurut AKBP Dwiasi, jika dilihat dari tren sosial media di wilayah Kabupaten Ngawi, berturut-turut yang dominan adalah Facebook, Instagram, Twitter, dan akhir akhir ini disusul TikTok.

“Bagi Polres Ngawi itu semua adalah peluang untuk bagaimana fungsi kehumasan mengedukasi dan menginformasi kepada publik melalui linimaya dengan konten konten yang menampilkan sebuah foto atau video dengan angel yang bagus seolah olah ada banyak makna cerita dalam foto atau video tersebut, kemudian ditulis narasi singkat yang mewakili gambaran besar dalam sebuah cerita,” jelas AKBP Dwiasi.

BACA JUGA :  Angin Puting Beliung Rusak 13 Rumah Warga Tambakroto

Oleh karena itu, AKBP Dwiasi menjelaskan, dalam pelatihan jurnalis, fotografi dan videografi ini pihaknya menghadirkan 3 narasumber yang kompeten dibidangnya.

“Kepada para narasumber saya memohon bimbingan dan berikan ilmu yang telah dimiliki tersebut kepada personil Polres Ngawi, sehingga harapannya ada peningkatan kualitas dan kuantitas produk konten konten di sosial media,” ucap AKBP Dwiasi.

Lebih lanjut AKBP Dwiasi menyebut, Polri kedepan harus bisa beradaptasi dengan perkembangan teknologi informasi, dan saat ini sosial media sangat besar pengaruhnya bagi perubahan prilaku seseorang, dan Polri dituntut untuk mengikuti dinamika perubahan itu.

BACA JUGA :  Sembari Patroli, Polisi di Batang Pantau PMK

“Kalau soal anggota Polri menjalankan tugas seperti penjagaan, pengawalan, patroli maupun pengamanan kegiatan masyarakat itu sudah biasa, tapi di linimaya kita juga harus bisa bermain untuk bagaimana mengelola Harkamtibmas ini melalui media sosial,” terang AKBP Dwiasi.

Oleh sebab itu, AKBP Dwiasi menerangkan, pada kesempatan tersebut perwakilan personil dari Bagian, Satuan, Seksi, dan Polsek Jajaran dihadirkan sebagai peserta dalam mengikuti pelatihan jurnalis, fotografi dan videografi pada siang hari ini.

(Reza.A)