TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Berita  

Ngopi Bareng, Cara Kapolsek Karangjati Bersama Forkopimcam Cegah Konflik Antar Perguruan Silat

Voxnesia.com,Ngawi – Berbagai cara dilakukan oleh Polsek Karangjati untuk mencegah terjadinya konflik antar perguruan pesilat di wilayah hukumnya pada awal bulan Muharam 1444H.

Salah satunya dengan menggelar acara ngopi bareng bersama perwakilan berbagai perguruan silat dari Subranting perguruan silat yang berada di tingkat desa hingga pengurus Kecamatan.

Ketika dikonfirmasi, Kapolsek Karangjati mengatakan, acara ngopi bareng tersebut digelar pada Sabtu, 30 Juli 2022 di rumah makan Mitra Anda Desa Sidokerto Kecamatan Karangjati Kabupaten Ngawi.

“Kita memang lebih baik mencegah dari pada terjadi konflik antar pesilat. Kita kumpulkan perwakilan dari berbagai organisasi pesilat baik desa maupun kecamatan,” ujar Iptu Agus Andi, (30/7).

BACA JUGA :  Peran Aktif Babinsa Posramil Karanganyar Amankan Kegiatan Imunisasi di wilayah

Menurut Iptu Andi, acara ngopi bareng tersebut dilaksanakan pada bulan Muharam 1444H dengan tujuan untuk membangun silaturahmi antar pesilat dari berbagai organisasi agar lebih dekat untuk berkomunikasi dan terlihat guyub rukun, sehingga dapat menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif di bulan suro.

“Agar menjadi sejarah bahwa seluruh perguruan silat di wilayah Kecamatan Karangjati bisa guyub rukun, dan menguatkan komunikasi dilandasi saling menghargai, maka kita wadahi dalam sebuah Paguyuban Pencak Silat,” kata Iptu Andi.

BACA JUGA :  Kapolsek Karanganyar Gali Aspirasi dengan 'Jum'at Curhat ' di Masjid Al-Muttaqin

Lebih lanjut, Kapolsek Karangjati Iptu Andi menyebut, acara ngopi bareng perguruan silat tersebut dihadiri oleh Camat Karangjati, Daramil Karangjati, perwakilan dari PSHT, PSHW, IKS PI dan Pagar Nusa Ranting Karangjati.

“Para pengurus organisasi perguruan silat di Karangjati sudah sepakat akan melakukan kegiatan riil secara bersama sama, seperti kegiatan sosial dan olahraga. Bahkan jika ada salah satu perguruan silat melakukan kegiatan maka akan dibantu pengamanannya secara bersama sama dari perguruan lain,” jelas Iptu Andi.

Sebagai bagian dari Forpimcam Kapolsek Karangjati mengaku bangga dan memberikan apresiasi kepada pengurus ranting hingga akar rumput semua perguruan silat dari tingkat desa hingga kecamatan.

BACA JUGA :  Babinsa Koramil 0805/05 Karangjati Pendampingan Kegiatan Percepatan Dan Pencegahan Stunting

“Kami mewakili Forkopimcam Karangjati menyampaikan banyak terimakasih kepada seluruh perguruan silat yang telah memberikan kontribusi dalam menjaga dan merawat kondisi Kamtibmas di wilayah Karangjati ini bisa lebih kondusif,” tutur Iptu Andi.

Tidak hanya itu, Kapolsek Karangjati menyatakan bahwa pihaknya akan terus mendukung kegiatan bersama lintas perguruan silat yang bisa bermanfaat bagi masyarakat.

“Alhamdulillah dengan sering dilakukannya pertemuan antar tokoh pesilat di wilayah hukum Polsek Karangjati selama ini, tidak ditemukan konflik antar perguruan pesilat,” pungkasnya.

(Rz)