TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Berita  

Desa Bojongwetan Mewakili Polres Pekalongan dalam Lomba Satkamling Tingkat Polda Jawa Tengah Tahun 2022

Voxnesia, PEKALONGAN – Desa Bojongwetan khususnya RT. 07 RW. 04 Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan mewakili Polres Pekalongan dalam Lomba Satkamling Tingkat Polda Jawa Tengah Tahun 2022.

Tim penilai dari Polda Jawa Tengah yang diketuai oleh Kasubditbintibsos AKBP Dra. Dwi Ratnasari, M.H dan Kasibinturmas Subdit Bintibsos Kompol Hasym Setyawan, SAG, M.H disambut langsung oleh Wakapolres Pekalongan Kompol Riwayat Sosiyanto, S.H., M.H bersama PJU dan Perwira Polres.

Hadir juga dalam giat tersebut Damkar Kabupaten Pekalongan, BPBD Kabupaten Pekalongan, Forkompincam Kecamatan Bojong, Kepala Desa Bojongwetan, anggota Bhabinkamtibmas, anggota Babinsa, PKK, LPMD dan BPD.

Dalam kesempatan itu pula dilaksanakan simulasi peragaan yang dilakukan oleh petugas satkamling diantaranya peragaan tertangkap tangan, penanganan laka lantas serta penanganan bencana alam.

BACA JUGA :  Komsos Bersama Kader Posyandu, Babinsa Ajak Para Ibu Peduli Kesehatan Balita

Menurut Wakapolres Pekalongan Kompol Riwayat Sosiyanto, Satkamling merupakan salah satu bentuk Pam swakarsa yang dilaksanakan di setiap RT, RW atau lingkungan yang selama ini dapat memberikan kontribusi positif dalam rangka mendukung upaya pemeliharaan kamtibmas seperti pengamanan lingkungan melalui kegiatan patroli ronda, membantu warga yang membutuhkan pertolongan, aktif memberikan informasi kepada Polisi terdekat jika ada suatu permasalahan di lingkungannya dan bersama dengan Bhabinkamtibmas di desa/kelurahan dapat membantu memecahkan permasalahan yang ada di desa/kelurahannya serta kegiatan positif lainnya.

“Lomba Satkamling ini merupakan kehormatan bagi kami, khususnya masyarakat desa Bojongwetan RT. 07 RW. 04 Kecamatan Bojong yang alhamdulillah pada tahun ini mewakili Kabupaten Pekalongan sebagai peserta Lomba Satkamling Tingkat Polda Jateng yang sebelumnya juga menjadi juara satu Lomba Satkamling Tingkat Polres Pekalongan,” ujarnya.

BACA JUGA :  DLH Jabar Tindaklanjuti Dugaan Pencemaran di Cimeta

Kompol Riwayat berharap semoga dengan adanya kegiatan tersebut menjadi pendorong semangat bagi Desa Bojongwetan untuk mendukung kegiatan gotong-royong dari masyarakat, oleh masyarakat dan untuk masyarakat, dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat dan lembaga kemasyarakatan.

Sementara itu AKBP Dwi Ratnasari selaku ketua tim penilai dari Polda Jateng saat dikonfirmasi menyampaikan bahwa hari ini, Senin (25/7/2022) adalah Lomba Satkamling Tingkat Polda Jawa Tengah Tahun 2022 dan dilaksanakan pada seluruh Polres jajaran. “Dan untuk point penilaian meliputi administrasi dan kelengkapan Pos Satkamling serta peragaan dalam menangani setiap kejadian,” tuturnya.

BACA JUGA :  Langkah Preventif Cegah Covid-19, Polsek Cepiring Gencarkan Giat Pemantauan Prokes PPKM Level 1

AKBP Dwi Ratnasari menambahkan, tugas keamanan bukan hanya Polri tetapi juga masyarakat termasuk juga Satkamling di desa masing-masing. “Apabila Satkamling ini jalan, maka akan bisa menjaga keamanan dan ketertiban di desanya melalui pembinaan dari Bhabinkamtibmas dan Babinsa,” ujarnya.

Dengan diadakannya Lomba Satkamling ini, AKBP Dwi Ratnasari berharap bisa menguatkan kembali Satkamling yang ada sehingga termotivasi dan hidup Kembali.

“Melalui kegiatan Satkamling ini, kami berharap masyarakat dapat lebih proaktif membantu Polri dalam menjaga kamtibmas,” ungkapnya. (HS)