TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Berita  

Polres Ngawi Salurkan 6 Ekor Sapi dan 26 Ekor Kambing Qurban Ke PCNU, PD Muhammadiyah, Ponpes, dan Yayasan Yatim Piatu

Voxnesia.com,Ngawi – Menyambut hari raya Idul Adha 1443 H, Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Ngawi, AKBP I Wayan Winaya, S.I.K., M.H. memimpin acara penyerahan secara simbolis hewan Qurban Kepada PCNU Ngawi, PD Muhammadiyah Ngawi, Minggu (10/7).

Acara tersebut dihadiri oleh, Kapolres Ngawi AKBP I Wayan Winaya S.I.K., M.H, Ketua PCNU Kabupaten Ngawi KH. Ahmad Ulinnuha Rozi, Ketua PD Muhammadiyah Ngawi KH. Romadhon Akarim, Wakapolres Ngawi Kompol Henry Ferdinand Kennedy, S.I.K., M.I.K., jajaran pejabat utama (PJU) Polres Ngawi, Pasi Intel Kodim 0805 Lettu Suyadi, Ketua Bhayangkari Cabang Ngawi, Pengurus Bhayangkari Cabang Ngawi dan perwakilan panti asuhan Al Munawaroh.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Ngawi AKBP Winaya menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh anggota yang telah berpartisipasi dalam pengadaan hewan qurban yang hari ini terkumpul 6 ekor sapi dan 26 kambing.

“1 ekor sapi tersebut merupakan hewan qurban dari Kapolda Jawa Timur, 3 ekor sapi dari Kapolres Ngawi, 1 ekor sapi dari Kasatlantas dan 1 ekor sapi dari Kasatreskrim, sedangkan 9 ekor Kambing dari Polres Ngawi dan 17 ekor Kambing masing masing dari Polsek Jajaran,” jelas Winaya.

BACA JUGA :  Antisipasi PMK, Petugas Lakukan Pemantauan dan Pendataan Kesehatan Hewan Ternak

Menurut Winaya, kegiatan berbagi seperti ini wajib dilestarikan dan dilaksanakan secara berkesinambungan juga dapat menjadi sarana penyambung silaturahim dan perekat antara seluruh personel Polres Ngawi dengan para tokoh agama dan tokoh masyarakat serta seluruh elemen masyarakat yang ada di wilayah hukum Polres Ngawi.

“Hari ini secara simbolis kita salurkan hewan qurban dan daging sembelihan antara lain 1 ekor sapi dari Kapolda Jatim diserahkan kepada Ketua PCNU Kabupaten Ngawi, 1 ekor sapi dari Kapolres Ngawi diserahkan kepada ketua PD Muhammadiyah Kabupaten Ngawi,” tutur Winaya.

AKBP Winaya menambahkan, untuk penyaluran 2 ekor sapi masing masing langsung diserahkan kepada Bataliyon Armed 12 dan elemen masyarakat di kecamatan Pitu.

BACA JUGA :  Anggota Koramil Kwadungan Bersama Instansi Terkait Laksanakan Penjagaan Di Pos Pam Pelayanan Nataru

“Untuk 2 ekor sapi dan 1 ekor kambing disembelih di RPH Ngawi dan dagingnya disalurkan kepada yayasan panti asuhan dan kelompok masyarakat yang mengajukan proposal,” tambah Winaya.

Kemudian 17 ekor Kambing, kata Winaya, masing masing diserahkan oleh Kapolsek jajaran Polres Ngawi ke masjid atau ponpes yang ada di wilayahnya untuk disembelih dan daging qurban disalurkan kepada masyarakat.

“Sedangkan 8 ekor kambing diserahkan kepada Kodim 0805, Ustadz Dimyati, ustadz Syamsudin, Yayasan Panti Asuhan Al Munawaroh, MIN 6 Ngronggi, Lapas kelas IIB Ngawi, Ponpes Bani Sulaiman desa Kendung, Ponpes Assyfa desa Cepoko Ngrambe,” ucap AKBP I Wayan Winaya.

Sementara itu, Ketua PCNU Kabupaten Ngawi KH. Ahmad Ulinnuha Rozi menyampaikan, atas nama warga NU dan Muhammadiyah serta yasasan dan ponpes penerima hewan qurban mengucapkan rasa syukur atas perhatian Polres Ngawi, dimana setiap tahunnya Polda Jatim dan Polres Ngawi selalu menyalurkan sapi sebagai hewan qurban kepada PCNU dan PD Muhammadiyah Kabupaten Ngawi.

BACA JUGA :  Dandim 0805/Ngawi Bersama Forkopimda Cek dan Meninjau Gereja Jelang Natal Tahun 2022

“Apa yang diberikan oleh Polda Jatim dan Polres ini, mejadi jalinan yang kuat antara Polres Ngawi dengan masyarakat sehingga bisa menjadi penguat dalam menjaga Kamtibmas di wilayah Kabupaten Ngawi yang kita cintai ini,” ucap KH. Ahmad Ulinnuha Rozi.

Lebih lanjut, KH. Ahmad Ulinnuha Rozi menuturkan, inti sari ajaran agama tentang Akhlakul Karimah adalah kesediaan untuk berkorban, baik ego, waktu, harta maupun pengabdian, barang siapa yang rela berkorban untuk masyarakat dialah yang Berakhlakul Karimah.

“Qurban artinya menghilangkan sesuatu dari diri manusia sebagai sarana mendekatkan diri kepada Allah dan sesama. Semoga dengan penyaluran hewan qurban ini, Polres Ngawi semakin dekat dan dicintai masyarakat,” harap KH. Ahmad Ulinnuha Rozi.

(Rz)