TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Berita  

Jelang Pengamanan 1 Abad PSHT, Polres Ngawi Gelar Rakor Lanjutan Bersama Instansi Terkait

Voxmesia.com,Ngawi- Kepolisian Resor (Polres) Ngawi menggelar rapat koordinasi (Rakor) kesiapan pengamanan penyambutan rombongan estafet kirab budaya Nusantara tanggal 7 Juli 2022 pukul 13.00 WIB. di Rupatama Parama Satwika Polres Ngawi.

Rencana penyambutan estafet rombongan pembawa sampel tanah dan air dari berbagai daerah untuk pembangunan monumen 1 Abad Terate Emas di padepokan PSHT Pusat Madiun dilaksanakan tanggal 13 Juli 2022 pukul 11.00 WIB bertempat di perbatasan Ngawi-Bojonegoro Desa Banyuurip Kecamatan Ngawi Kabupaten Ngawi.

Rakor tersebut dipimpin Wakapolres Ngawi didampingi Kabagops dan Wakil Ketua PSHT Cabang Ngawi berikut hadir pula PJU Polres Ngawi, Kapolsek Jajaran Polres Ngawi, Pasi Ops Kodim 0805, BPBD Kabupaten Ngawi, Dishub, Satpol PP Kabupaten Ngawi, perwakilan Ketua Ranting PSHT Cabang Ngawi dan Ketua Pamter PSHT Cabang Ngawi.

Ditemui usai memimpin Rakor, Wakapolres Ngawi Kompol Kennedy, mengatakan, Rakor pengamanan penyambutan Kirab Budaya Nusantara PSHT pada tanggal 7 Juli 2022 adalah Rakor lanjutan yang sebelumnya pernah dilaksanakan yang dipimpin Kapolres Ngawi dihadiri Ketua Cabang dan Ketua Ranting PSHT di Kabupaten Ngawi.

BACA JUGA :  Tingkatkan Kemampuan Prajurit, Kodim 0805/Ngawi Gelar Uji Terampil Perorangan (UTP) di Jamus.

“Untuk mengantisipasi potensi kerawanan, kita fokus pembahasan kesiapan pengamanan rangkaian penyambutan estafet rombongan dengan melibatkan Instansi terkait menitik beratkan pengamanan lokasi penyambutan diperbatasan Ngawi-Bojonegoro, pengawalan rombongan, route jalur kirab, penyekatan di titik masuk Kabupaten Ngawi, kawasan Alun alun Ngawi dan Pendopo Kabupaten Ngawi, hingga jalur menuju exit tol Ngawi,” ujar Kompol Kennedy, Kamis (7/7).

Menurut Kompol Kennedy, dalam Rakor tersebut dirinya menentukan taktik dan teknis dalam koordinasi dan komunikasi, kemudian cara bertindak dalam pengamanan terpadu serta penempatan personil di titik titik tertentu sepanjang jalur yang dilalui kirab budaya agar dapat berjalan lancar dan tertib sehingga situasi Harkamtibmas di Kabupaten Ngawi tetap Kondusif.

BACA JUGA :  Dandim Ngawi Bersama Forkopimda Dampingi Gubernur Jatim Hadiri Kegiatan Peringatan 100 Tahun Pondok Modern Gontor

Selain itu, Kompol Kennedy menyebutkan Rakor tersebut diperoleh point’ kesepakatan diantaranya, pengamanan kegiatan akan diperkuat oleh Pamter PSHT dengan kekuatan 350 orang, perwakilan warga PSHT yang ditunjuk khusus oleh Rantingnya hanya berjejer menempati pinggir jalan, selesai dilewati rombongan seluruh warga langsung pulang tidak ada yang mengikuti rombongan estafet, warga Komunitas lainnya tidak ada yang mengikuti kegiatan dengan menggunakan sepeda motor, jika ada oknum warga yang melakukan pelanggaran akan ditindak sesuai peraturan hukum yang berlaku.

“Dalam Rakor ini, Kabag Ops Polres Ngawi menyampaikan paparannya terkait Ploting Personil Polri, TNI, Instansi terkait dan Pamter di lokasi penyambutan yaitu di Tugu Perbatasan Ngawi – Bojonegoro, lokasi kegiatan di SDN Banyuurip, sepanjang simpul Jalan dari Banyu urip sampai dengan Pendopo Kabupaten Ngawi hingga Exit Tol Ngawi serta paparan tentang antisipasi potensi kerawanan yang mungkin timbul,” ucap Kompol Kennedy.

BACA JUGA :  Peningkatan Perlindungan Hutan, Polsek Karanganyar Gelar Patroli Bersama Perhutani

Tidak hanya itu, Kompol Kennedy menekankan, iring iringan selain rombongan kegiatan akan diputar balik di lokasi penyekatan, dirinya juga meminta Pamter PSHT untuk membantu memberikan pemahaman kepada warga PSHT yang tidak dalam rombongan untuk tidak memaksakan masuk Ngawi Kota, karena pihaknya akan menindak tegas terhadap bentuk pelanggaran lalu lintas berupa Tilang.

“Kita tetapkan 6 titik penyekatan untuk antisipasi massa yang bergabung rombongan estafet, antara lain simpang tiga kluncing (Jembatan Ngunengan), simpang tiga Banyakan, simpang empat Siliwangi, simpang empat Kartonyono, Simpang empat Tiara dan simpang tiga Tawun,” tutup Kennedy.

 

(Rz)