TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Sebagai Langkah Menyehatkan Masyarakata, Puskesmas kranggan Ajak Masyarakat Hidup sehat Dari Serangan Nyamuk Malaria dan Demam Berdarah

Voxnesia.com,Temanggung- Untuk kesekian kalinya Puskesmas Kranggan melaksanakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) sebagai langkah menyehatkan masyarakat dari serangan nyamuk malaria dan demam berdarah. Kegiatan kali ini diikuti sejumlah kader desa, perangkat dan petugas kesehatan dari puskesmas juga warga melaksanakan senam pagi bersama di halaman Kelurahan Kranggan Kecamatan Kranggan Kabupaten Temanggung, Senin ( 4/ 7/2022).

Ditengah serangkaian kegiatan Germas berlangsung, Drg Dahlia Puspa selaku penggerak program berkelanjutan tersbut menyampaikan ” Dalam rangka meningkatkan kesehatan masyarakat kita menghimbau masyarakat melaksanakan gerakan masyarakat hidup sehat atau Germas dengan menjaga kebersihan, menghindari kebiasaan merokok, menjaga lingkungan, olah raga fisik, memakai jamban yang bersih. Seperti pagi hari ini kader melaksanakan senam terlebih dahulu sebelum menuju ke kampung masing-masing untuk memeriksa jentik- jentik dirumah warga, memakai jamban dan lain sebagainya”

BACA JUGA :  BPIP: Polri Banyak Perbaikan-Pembaruan, Terobosan Harus Ditingkatkan

“Dengan adanya kegiatan yang rutin ada penurunan kasus demam berdarah, kunjungan orang sakit juga menurun. Seperti halnya pada pagi hari ini, kader kesehatan desa didampingi petugas puskesmas akan bergerak memeriksa rumah warga khususnya di kamar mandi apakah ada kemungkinan untuk bersarang jentik – jentik nyamuk atau tidak, jika ada jentik akan dilakukan tindakan, namun sebelumnya diawali dengan seman bersama ”

BACA JUGA :  Arisan Daging Sapi, Cara Perhutani KPH Banyuwangi Barat Tingkatkan Produksi Getah Pinus

” Saya akan selalu memonitor perkembangan kesehatan warga yang ada di bawah binaan puskesmas Kranggan, sehingga akan terpantau apakah ada peningkatan atau justru ada penurunan.Himbauan saya selaku Kepala Puskesmas supaya masyarakat hidup sehat dengan menjaga kebersihan dan melaksanakan gerakan masyarakat hidup sehat” terangnya panjang lebar.

Sementara itu Tri Handayani, ketua PKK desa setempat menyampaikan bahwa dirinya sangat mendukung gerakan Germas. ” Saya sangat mendukung kegiatan ini, selain kader begitu antusias mengikuti senam, dilanjutkan dengan memeriksa jentik di rumah warga. Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi warga di sini khususnya supaya warga sadar akan pentingnya kebersihan sehingga bisa menerapkan di lingkungan masing-masing” ucapnya.

BACA JUGA :  Polsek Karanganyar bersama Stakeholder Terkait Gelar Patroli Gabungan, Pastikan Situasi Kamtibmas yang Kondusif

” Harapan saya sebagai ketua PKK kader semangat melaksanakan kegiatan seperti ini karena melalui kader bisa disampaikan program pemerintah khususnya di bidang kesehatan sehingga tercipta masyarakat yang sehat kedepannya” pungkasnya.