TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Berita  

Rangkaian Hari Bhayangkara Ke-76, Polres Ngawi Gelar Lomba Satkamling Tingkat Polres

Vonesia.com, Ngawi- Dalam rangka memperingati hari Bhayangkara Ke-76, Polres Ngawi menggelar lomba Satkamling tingkat Polres yang diikuti oleh perwakilan Satkamling oleh masyarakat di wilayah hukum Polsek jajaran Polres Ngawi.

Penilaian lomba Satkamling tingkat Polsek tersebut dipimpin oleh Kasat Binmas Polres Ngawi AKP Widodo didampingi Forkopimcam wilayah Kecamatan Karangjati, Kecamatan Bringin, Kecamatan Sine dan Kecamatan Ngrambe.

Ditemui di lokasi penilaian, Kasatbinmas Polres Ngawi AKP Widodo mengatakan, Satkamling yang digaungkan Polres Ngawi melalui model perpolisian masyarakat ini, harus terus dikembangkan dengan mengutamakan upaya upaya menangkal bentuk bentuk ancaman dan gangguan Kamtibmas.

Oleh karena itu, AKP Widodo menyebut, kesadaran masyarakat untuk berpartisipasi dalam bidang keamanan dan ketertiban, merupakan potensi pengamanan swakarsa yang perlu dilestarikan dan ditingkatkan dilapisan masyarakat dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban di lingkungan masing masing.

BACA JUGA :  Kapolres Kendal Kunjungi Ponpes Miftahul Huda Kaliwungu

“Bahwa potensi pengamanan swakarsa dengan berazaskan budaya kepaguyuban dan gotong royong yang menjiwai kehidupan masyarakat di wilayah pemukiman, membuahkan suatu sistem keamanan lingkungan untuk memenuhi kebutuhan rasa aman,” jelas AKP Widodo, Senin (20/6).

Lebih lanjut, AKP Widodo menerangkan, Satkamling sebagai salah satu metode pengamanan swakarsa perlu dibina guna menghasilkan kemampuan yang efektif dalam mendukung secara profesional terhadap tugas polri dalam membina keamanan dan ketertiban nasional.

“Upaya pembinaan Satkamling secara tehnis diperlukan kerjasama antar organisasi dan instansi terkait melalui kegiatan pembinaan keamanan lingkungan” ucap AKP Widodo.

AKP Widodo mengungkap, kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan situasi dan kondisi yang aman, tertib dan nyaman dilingkungan masing masing serta terwujudnya kesadaran warga masyarakat di lingkungannya dalam penanggulangan terhadap setiap kemungkinan timbulnya gangguan Kamtibmas.

BACA JUGA :  Di Hari Ibu, Satlantas Polres Ngawi Bagikan Sembako Dan Cinderamata Kepada Ibu-Ib

“Sedang pembentukan Satkamling itu sendiri berdasarkan kesepkatan dan musyawarah warga, dengan berasaskan semangat budaya kekeluargaan, gotong royong dan swakarsa,” tandas AKP Widodo.

Kasat Binmas Polres Ngawi ini menambahkan, bahwa fungsi satkamling adalah sarana bagi warga masyarakat dalam memenuhi kebutuhan rasa aman di lingkungannya serta menanggulangi ancaman dan gangguan terhadap lingkungannya, melalui upaya Preemtif dan Preventif.

“Preemtif adalah upaya upaya penangkalan terhadap situasi yang dikatagorikan sebagai PG ( Potensi Gangguan ), dengan cara mencermati setiap gejala awal dan menemukan penyebabnya. Sedangkan Preventif adalah segala usaha guna mencegah atau mengatasi timbulnya ancaman atau gangguan keamanan dan ketertiban khususnya dilingkungan masing masing melalui kegiatan kegiatan penjagaan dan patroli atau perondaan sehingga tercipta suatu lingkungan yang aman, tertib dan teratur,” ulas AKP Widodo.

BACA JUGA :  Kapolsek Karanganyar Pimpin 'Jum'at Curhat ' di Masjid Nurul Huda

Adapun kegiatan Satkamling tersebut menurut AKP Widodo meliputi :
1. Penjagaan.
2. Patroli atau perondaan.
3. Memberikan peringatan peringatan untuk mencegah terjadinya kejahatan, kecelakaan, kebakaran, banjir, dan bencana alam
4. Memberikan keterangan atau informasi tentang hal hal yang berkaitan dengan keamanan dan ketertiban lingkungan.
5. Memberikan bantuan dan pelayanan kepada masyarakat yang mempunyai masalah yang dapat mengganggu ketentraman warga sekitarnya.
6. Melakukan koordinasi kegiatan dengan anggota polri dan pamong praja.
7. Melaporkan setiap gangguan Kamtibmas yang terjadi pada Polri.
8. Melakukan tindakan awal dalam hal kasus tertangkap tangan, dan menyerahkan penanganannya pada Bhabinkamtibmas dan Babinsa setempat.
9. Melakukan tindakan yang dirasakan perlu untuk keselamatan warganya.

 

(Rz)