TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Berita  

Polsek Bringin Kunjungan Ke Poskamling Desa Krompol, Lakukan Pembinaan Jaga Keamanan Lingkungan

Voxnesia.com,Ngawi- Dalam upaya pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas), Kepolisian Sektor (Polsek) Bringin Polres Ngawi memiliki strategi untuk mewujudkan keamanan lingkungan dengan memberdayakan potensi masyarakat lingkungan di wilayahnya.

Salah satu strategi kemitraan dalam menjaga keamanan lingkungan adalah menggiatkan Siskamling yang diikuti oleh warga masyarakat dengan kapasitas sebagai kepala keluarga dalam satu lingkup Rukun Tetangga (RT) atau Rukun Warga (RW) dengan sistem penugasan yang terjadwal dengan pola-pola kegiatan meliputi penjagaan, perondaan, dan memberikan peringatan-peringatan untuk mencegah terjadinya kejahatan, kecelakaan, kebakaran dan bencana alam.

Untuk itu, pada Senin malam 30 Mei 2022 pukul 21.00 WIB petugas jaga Polsek Bringin Bripka Maryudi bersama Bripka Supriyanto melakukan patroli dialogis menyusuri jalan Desa Krompol Kecamatan Bringin Kabupaten Ngawi.

BACA JUGA :  Cegah Perubahan Iklim, bank bjb Raih Dua Penghargaan Emisi Korporasi 2022

Ditemui ditempat tugasnya, Kapolsek Bringin Iptu Cipto Utoyo membenarkan, bahwa dengan menggunakan kendaraan dinas anggota jaga Polsek Bringin pada Senin malam menyusuri jalur rawan gangguan Kamtibmas, sekaligus melakukan dialog dengan warga masyarakat jika dalam pelaksanaan patroli menjumpai sekelompok warga yang sedang berkumpul, guna menyerap aspirasi warga dibidang keamanan dan ketertiban sekaligus menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas yang menjadi perhatian.

Iptu Cipto Utoyo menyebut, dalam menyusuri jalur jalan saat kegiatan patroli, petugas Polsek Bringin juga melakukan kunjungan di Poskamling Desa Krompol Kecamatan Bringin Kabupaten Ngawi, dimana Poskamling tersebut lokasinya sangat strategis berada di tepi jalan raya Bringin-Sidokerto dan berada dikawasan pemukiman padat penduduk.

“Kita lakukan kunjungan di Poskamling Desa Krompol kecamatan Bringin Kabupaten Ngawi, dan dijumpai 6 orang petugas Poskamling yang saat itu sedang berjaga, kita lakukan pembinaan kepada petugas jaga Poskamling tentang tata cara bertugas melakukan kegiatan penjagaan di Pos, perondaan keliling lingkungan yang menjadi wilayah tanggung jawab keamanan,” ujar Iptu Cipto Utoyo.

BACA JUGA :  Polsek Karanganyar Peduli Budaya Literasi, Distribusi Buku Sampai Pelosok

Iptu Cipto Utoyo menambahkan, pihaknya juga memberikan bimbingan teknis dan taktis jika saat bertugas di poskamling melakukan tindakan tertangkap tangan terhadap pelaku tindak kejahatan dan segera melaporkan kepada Bhabinkamtibmas atau Polsek Bringin guna proses tindak lanjutnya.

“Selain itu kita juga berpesan kepada petugas Poskamling agar bisa menggunakan peralatan dan perlengkapan yang ada di Poskamling seperti penggunaan Kentongan agar setiap jaga pada malam hari kentongan selalu dibunyikan setiap satu jam sekali, dan petugas pos kamling harus tau simbol-simbol bunyi kentongan seperti situasi aman, jika ada kejadian pembunuhan, pencurian, kebakaran dan bencana alam,” terang Iptu Cipto Utoyo.

BACA JUGA :  Babinsa Koramil 0805/04 Padas,Berikan Pengamanan Gebyar Semesta Senopati Ibu Pertiwi

Dengan dilakukannya kunjungan tersebut, Iptu Cipto Utoyo berharap, para petugas poskamling dan seluruh warga masyarakat khususnya Desa Krompol bisa memahami dan menyadari betapa pentingnya keamanan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga setiap warga bisa timbul keinginan untuk berpartisipasi menjaga lingkungannya secara bergiliran atas dasar kesepakatan bersama.

“Semoga dalam kegiatan patroli dialogis dan pembinaan siskamling kepada petugas Poskamling Desa Krompol Kecamatan Bringin ini dapat terwujud situasi Kamtibmas yang kondusif, tidak ada kejadian menonjol,” pungkas Iptu Cipto Utoyo.

 

Jurnalis:Rz