TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Berita  

Wakapolres Ngawi: Di Momentum Hari Raya Waisak, Kita Tingkatkan Toleransi Antar Umat Beragama Untuk Menjaga Keutuhan Bangsa

Voxnesia.com,Ngawi- Bertepatan Hari Raya Waisak yang jatuh pada hari Senin tanggal 16 Mei 2022, diperingati sebagai hari besar umat Buddha di seluruh dunia. Pemerintah menetapkan Hari Raya Waisak 2566 BE tahun 2022 sebagai hari libur nasional.

Umat Buddha di Kabupaten Ngawi memusatkan peringatan Hari Raya Waisak di Vihara Vimalakirti Dusun Berjing, Desa Cepoko, Kecamatan Ngrambe, Kabupaten Ngawi dengan mengusung tema “Moderasi Beragama Untuk Indonesia Bahagia”.

Perayaan Waisak di Vihara Wimalakirti dihadiri oleh Wakapolres Ngawi Kompol Henry Ferdinand Kennedy S.H., S.I.K., M.I.K. bersama Ketua Bamag sekaligus Wakil Ketua FKUB Kabupaten Ngawi Pdt. Risten Girsang, Ketua PHDI Kabupaten Ngawi Bagus Nawoto Seno S.T., Ketua Walubi Pandita Suwarto, Kapolsek Ngrambe IPTU Sukoco, Kades Cepoko Muh Nuryanto, 30 orang umat Buddha dan 20 orang warga sekitar Vihara.

BACA JUGA :  Diduga Dibuang Pelaku, Kotak Amal Mushola Ditemukan Disaluran Irigasi

Kegiatan diawali dengan Puja Bakti Waisak dipimpin oleh Pandita Suwarto dilanjutkan dengan sambutan dimana Pandita Suwarto selaku Ketua Walubi Kabupaten Ngawi menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu kelancaran acara perayaan Waisak tahun 2022 di Vihara Vimalakirti tersebut.

“Kami berharap dengan perayaan Waisak kali ini menjadi momentum bagi kita bersama untuk selalu menjaga persatuan dan kesatuan antar umat beragama khususnya di Kabupaten Ngawi,” ucap Pandita Suwarto.

Pada kesempatan tersebut, Wakapolres Ngawi Kompol Henry Ferdinand Kennedy dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat merayakan hari raya Waisak kepada seluruh umat Buddha di Kabupaten Ngawi.

BACA JUGA :  Kodim Ngawi Gelar Halal Bihalal, Dandim: Jadikan Momentum Ini Untuk Saling Memaafkan

Lebih lanjut Wakapolres Ngawi mengatakan, dengan momentum perayaan Waisak dijadikan penguat untuk saling menghormati, saling menghargai dan meningkatkan toleransi antar umat beragama khususnya di wilayah Kabupaten Ngawi.

“Kami siap untuk mengamankan kegiatan kegiatan kemasyarakatan dan berharap kerjasama dari semua pihak dalam rangka menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif,” ujar Kompol Hendry F Kennedy.

Sementara itu, dikesempatan yang sama Wakil Ketua FKUB Kabupaten Ngawi Pdt. Risten Girsang menyampaikan, harapannya dalam perayaan Waisak akan semakin memupuk rasa cinta kasih terhadap sesama sehingga terwujud persatuan dan kesatuan bangsa.

BACA JUGA :  Putri Kedua H. Abdul Malik Menikah, Gus Din Ucapkan Selamat Berbahagia dan Samawa Alamanda dan Hendraloka 

Pdt. Risten Girsang melanjutkan, bahwa keanekaragaman suku, agama dan budaya merupakan bentuk pluralisme yang tidak dimiliki negara lain dan kita sebagai umat beragama wajib menjaganya demi keutuhan bangsa.

Ketika dikonfirmasi dilokasi kegiatan, Kapolsek Ngrambe Iptu Sukoco menyebut, pihaknya telah melakukan pengamanan agenda kegiatan perayaan hari raya Waisak di Vihara Vimalakirti Dusun Berjing Desa Cepoko Kecamatan Ngrambe Kabupaten Ngawi mulai pukul 10.00 WIB hingga pukul 11.30 WIB.

“Alhamdulillah kegiatan atau perayaan hari raya Waisak di Vihara Vimalakirti Dusun Berjing Desa Cepoko Kecamatan Ngrambe Kabupaten Ngawi dapat berlangsung dengan aman tertib dan lancar,” pungkas Iptu Sukoco.

 

Jurnalis:Rz