Berita  

Cegah Sebaran PMK Hewan Ternak, Polres Batang Kerahkan Bhabinkamtibmas Aktif Sambang ke Desa 

Voxnesia, BATANG – Dalam rangka mencegah penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) hewan ternak, Polres Batang Polda Jawa Tengah memberdayakan anggota Bhabinkamtibmas untuk aktif sambang ke desa binaan.

Pemantauan dilakukan Babhinkamtibmas yang diwilayah desa binaannya yang memelihara hewan ternak seperti sapi.

Seperti tadi siang, Rabu (11/5/2022), Bhabinkamtibmas Polsek Bawang yang bertugas di Desa Candigugur Kecamatan Bawang menyambangi peternak sapi.

BACA JUGA :  Presiden Joko Widodo Sampaikan Empati, Keluarga Ridwan Kamil: Hal itu Membesarkan Hati Keluarga

Kapolres Batang AKBP M. Irwan Susanto melalui Kasi Humas AKP Busono mengatakan adanya kasus penyakit mulut dan kuku yang menyerang hewan ternak seperti sapi, pihaknya melakukan langkah pemantauan dan pengawasan. Kegiatan ini dilakukan disejumlah peternakan sapi yang ada di Batang.

“Kami terjunkan Bhabinkamtibmas untuk menyambangi peternak sapi, tentunya bersinergi bersama instansi terkait,” terang Kasi Humas AKP Busono saat ditemui.

BACA JUGA :  Hari Kebangkitan Nasional ke-114, Ayo Bangkit Bersama

Kami mengimbau pada peternak sapi untuk selalu menjaga kebersihan kandang dan pakan ternak, agar terhindar dari penyakit, terutama penyakit mulut dan kuku.

“Kami edukasi warga agar selalu menjaga kebersihan kandang. Selain itu tak kalah penting kami ingatkan agar pola makan hewan juga diperhatikan sehingga kesehatan hewan terjaga,” bebernya.

BACA JUGA :  Polres Kendal Amankan Pertunjukan Musik Live Bertajuk "Lingkar Media Jamaica Reunion At Kendal Port"

Ia berharap para peternak sapi waspada terhadap penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak peliharaannya.

“Diharapkan selalu berkoordinasi, apabila ternaknya terjangkit penyakit mulut dan kuku segera memberitahukan kepada perangkat desa untuk diteruskan kepada instansi terkait agar tidak menyebar ke hewan yang lain,” tandasnya. (HS)